Apa Istimewanya Jika Motor Listrik Honda Ini Masuk Indonesia

VIVA – Honda sudah lama berencana menjual sepeda motor listrik di pasar internasional. Salah satunya untuk Indonesia, meski penjualan Honda EM1 e tidak sebesar sepeda motor bermesin bensin.

Honda EM1 e : merupakan sepeda motor listrik pertama yang hadir di pasar Indonesia, dan merek berlogo sayap ini merupakan merek Jepang pertama yang dijual, serta sepeda motor listrik produksi dalam negeri.

Setelah kurang lebih setahun menjual EM1 e:, PT Astra Honda Motor (AHM) sepertinya sudah mengetahui selera atau kepribadian konsumen pembeli sepeda motor listrik di Indonesia.

Oleh karena itu, disinyalir guna mendongkrak penjualan sepeda motor listrik, AHM akan menghadirkan model kedua atau versi sebenarnya dari Honda SC e: Cocept.

Rumor keberadaan sepeda motor listrik muncul setelah Honda mengirimkan undangan resmi peluncuran produk barunya besok, Rabu 9 Oktober 2024.

Honda SC e: Concept melakukan debut dunianya pada Japan Mobility Show yang digelar pada 26 Oktober 2023 di Tokyo Big Sight, Jepang dan dipersembahkan AHM di Indonesia International Motor Show alias IIMS 2024, Februari.

Lantas apa yang membuat sepeda motor listrik baru ini istimewa?

Dari segi desain, Honda SC e: terlihat lebih gendut dibandingkan EM1 e:, namun dimensinya tetap stabil, lampu depan sudah LED DRL (daytime running light), lampu sein, dan lampu rem belakang sudah LED.

Pada sasis, desain roda didesain berbentuk cakram krom dengan banyak lubang di setiap sisinya. Pengukuran depannya, posisi cakram di sebelah kiri dan diameter cakram rem tidak terlalu besar.

Sementara rem belakang masih bergantung pada tromol. Kemudian suspensi depannya model teleskopik, dengan celah antara spatbor depan dan spatbor depan berjauhan seperti EM1 namun desainnya lebih terkontrol.

Untuk suspensi belakang mengandalkan suspensi model tunggal di sebelah kiri, tanpa info spek perintis atau drivetrainnya. 

Namun jika dilihat dari bentuknya, sepertinya dinamo atau mesin penggeraknya terletak di roda belakang, yakni tidak menggunakan sabuk pengaman.

Baterai SC e: Concept menggunakan sistem yang dapat ditukar, atau yang disebut paket daya seluler. Dudukannya dapat menampung dua baterai sekaligus. Produk ini merupakan bagian dari daftar strategi global Honda

Honda merupakan brand asal Jepang yang serius mengembangkan sepeda motor listrik untuk kebutuhan pasar global. Menurut keterangan resminya, mereka merencanakan lebih dari 30 model sepeda motor listrik pada tahun 2030.

Produk ramah lingkungan diperkenalkan secara bertahap. Saat ini ada dua model, Honda Cub e: di China, dan EM1 e: yang dijual di Jepang, Eropa, dan Indonesia tahun ini.

Memasuki tahun 2024, Honda akan menjual sepeda motor listrik terbaru yang dikembangkan oleh SC e: Concept, namun apakah Indonesia bisa menjadi negara pertama yang menjual produk tersebut, atau negara lain seperti Jepang atau China?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *