Peran Penting Juru Bahasa Isyarat di Peparnas 2024, Ini Tugas dan Tantangannya

Solo, VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan layanan penerjemahan bahasa isyarat (JBI) di media center Peparnas XVII Solo 2024 untuk mendukung aksesibilitas informasi bagi penyandang tunarungu.

Kehadiran JBI memungkinkan penyandang tunarungu mendapatkan informasi terkait Peparnas 2024 dari konferensi pers yang digelar di Media Center atau disiarkan melalui Direktorat Utama YouTube IKP Kominfo.

“Tugas saya menjadi juru bahasa isyarat untuk konferensi pers di Media Center,” kata Ian, juru bahasa isyarat warga Media Center PEPARNAS XVII, Solo, demikian PB Peparnas.

Ian menjelaskan, dirinya merupakan salah satu dari 14 JBI yang bertugas di Peparnas tahun 2024. Ia bertugas di Media Center yang berlokasi di Studio TVRI dan The Royal Surakarta Heritage, dan harus tetap berada di lokasi hingga kondisi siap untuk para Jurnalis yang meliput. Peparnas tidak bekerja setiap hari pada pukul 22.00 WIB.

“Iya, sudah kewajiban saya untuk tetap di sini. Setiap pagi saya harus bersiap-siap di sini,” kata Ian yang merupakan warga asli Sol.

Sebelum berperan sebagai JBI di PEPARNAS, Ian bersyukur bisa mengikuti ajang nasional tersebut sembari kembali ke kampung halaman.

“Saya tinggal diPalembang. Jadi saya sangat senang bisa pulang kampung dan ikut menyukseskan event nasional ini,” jelas Ian yang sehari-hari bekerja sebagai JBI di Mahkamah Konstitusi (MK), Polda Palembang, dan TVRI Palembang.

Dalam melaksanakan pekerjaan di PEPARNAS

Paprika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *