3 Posisi Pekerjaan Paling Dicari Perusahaan Saat Ini: Peluang Karir Terbaru

JAKARTA, Titik Kumpul – Jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,2 juta jiwa, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen pada Februari 2024, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah ini mewakili pengurangan sekitar 790.000 orang. Penduduk pada periode yang sama tahun lalu (7,99 juta orang dengan TPT 5,45 persen). 

Dalam riset Populics, disebutkan bahwa 46 persen perusahaan kesulitan mencari karyawan potensial. Mereka membutuhkan karyawan berpengalaman dengan tingkat pengetahuan khusus (terutama soft skill) dan pelatihan yang tepat untuk mendukung bisnis. 

Perusahaan kesulitan mencari karyawan

Di tengah situasi ini, PeoplePly – sebuah agen perekrutan – menawarkan solusi untuk menjembatani kesenjangan antara pencari kerja dan kebutuhan industri. Sebagai penyedia layanan SDM, agensi ini memiliki alat rekrutmen berbasis teknologi yang membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat dengan cepat dan membuat proses rekrutmen menjadi lebih efisien.

Perusahaan yang menggunakan jasa agen perekrutan tidak hanya mendapatkan kandidat yang memenuhi kebutuhan bisnis, namun juga dapat menggunakan solusi HR lain yang mendukung perencanaan tenaga kerja, yaitu: 

●    HR Consulting: Memberikan wawasan ketenagakerjaan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan ●    Verifikasi Pengalaman Kerja: Memeriksa pengalaman kerja dan pendidikan sebelum karyawan diterima di perusahaan. ●    Jaminan tiga bulan: Jaminan penggantian tiga bulan diberikan jika terjadi pembatalan dan/atau tidak memenuhi kriteria.

“Sebagai agen perekrutan, kami telah membantu lebih dari 1.500 perusahaan dan 5.000 kandidat mencapai tujuan mereka,” kata Kenichi Fujiki, CEO Peoplyee.

Berdasarkan data PPP Januari-September 2024, terdapat 1.816.529 lowongan pekerjaan untuk seluruh posisi. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu 1.719.356 orang, kita mengalami peningkatan sebesar 5,7 persen. 

People mencatat bahwa pada tahun 2023, kami akan mengunggah 2.321.236 pekerjaan ke lokasi kerja. Mengacu pada angka tahunan, kami memperkirakan jumlah lowongan akan meningkat. Data tersebut juga menunjukkan posisi mana saja yang paling dibutuhkan perusahaan yaitu sales, back office, dan engineering. 

1. Penjualan

Posisi ini paling dicari oleh perusahaan karena penjualan memainkan peran penting dalam pertumbuhan bisnis, terutama di industri kompetitif seperti ritel, IT, dan manufaktur. Peran penjualan bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan membangun hubungan dengan pelanggan baik di sektor B2B maupun B2C.

2. Kantor belakang 

Jabatan back office seperti HR (Human Resources), GA (General Affairs) dan Accounting berfungsi menjaga kestabilan dan kelancaran operasional sehari-hari. HR bertanggung jawab mengelola sumber daya manusia, GA mengelola fasilitas dan kebutuhan perusahaan, sedangkan akuntansi memastikan berfungsinya keuangan perusahaan. 

3. Insinyur

Dengan bangkitnya Industri 4.0, permintaan akan insinyur terampil untuk menjawab tantangan teknologi, khususnya di sektor manufaktur dan teknologi, terus meningkat. Insinyur bertanggung jawab atas desain, pengembangan, dan pemeliharaan sistem atau produk. 

Solusi SDM berbasis teknologi

Setelah berkecimpung di industri HR Tech sejak tahun 2013, ReraCoin Indonesia berganti nama menjadi Peoply. Merupakan singkatan dari orang dan karyawan, dimana kedua istilah tersebut merujuk pada bidang SDM dan menggambarkan kegiatan bisnis perusahaan. Perubahan nama ini sejalan dengan fokus Peopleply pada solusi SDM berbasis teknologi, yakni menghubungkan perusahaan klien dengan tenaga kerja yang dibutuhkan agar lebih efisien dan efektif.

“Kami memilih nama Peoplyee karena mewakili esensi bisnis kami yaitu people. Kami percaya bahwa menggabungkan teknologi dengan pemahaman mendalam tentang dinamika pasar tenaga kerja akan memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi pengangguran dan kekurangan keterampilan di Indonesia,” lanjutnya Fujiki

Menurut Fujiki, Indonesia masih menghadapi tantangan ketenagakerjaan yang besar, terutama karena perusahaan kesulitan memenuhi permintaan pekerja dengan keterampilan khusus. Bagi pencari kerja, Peopleee menciptakan ekosistem yang memungkinkan mereka menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan mereka.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *