Pertahankan Tradisi, Yecikarani Kembali Sabet Emas di Cabor Renang Peparnas 2024

Solo, Titik Kumpul – Perenang Sumatera Utara (Sumut) Yesikarani Clarita Situmorang sukses menjunjung tradisi dengan kembali meraih medali emas cabang olahraga (Peparnas) di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024.

Bertanding pada Kamis sore tanggal 10 Oktober 2024 di Kolam Renang Intan Par Kabupaten Karanganyar. Yesikarani lolos ke final nomor 100m gaya dada S13 putri, dengan atlet berusia 14 tahun itu finis tercepat dengan catatan waktu 01:47,87 detik. 

Sedangkan mahasiswa baru Kayla Amir dari DKI Jakarta berhasil merebut medali perak dengan catatan waktu 01:51.89. Dengan torehan tersebut, Sumut sukses mempertahankan medali emas renang yang diraih sebelumnya di Papua pada Paperna 2020. 

Usai balapan, Yesikarani mengaku linglung hingga tak bisa tidur. Pasalnya, gol emas merupakan peluang baginya. Untungnya, dia mampu menjawab tantangan tersebut. 

“Awalnya saya takut karena kata pelatih saya harus meraih emas. Jadi saya takut mengecewakan pelatih jika tidak mendapatkannya. Tapi akhirnya saya yang meraih emas,” kata Yesikarani.

Medali emas secara khusus ia berikan kepada para pelatih dan masyarakat Sumut. Ia bertekad meraih emas keduanya pada final gaya dada 50m putri pada Sabtu, 12 Oktober 2024. 

“Awalnya saya cepat di awal, tapi di 50 terakhir itu akhir. Jadi saya maksimalkan. Saya finis di depan,” kata Yesikarani. 

Sementara itu, pelatih renang Sumut Brian Howard mengakui nomor tersebut memang menjadi target emas. Brian pun optimistis peluang emas terbuka melalui Yesikaran di final 50m.

“Pertama dia berenang dalam waktu 1:47:87 detik, mendekati rekor nasional. Saya masih bersyukur bisa meraih emas karena kita tidak melihat rekornya dulu. Yang penting kita punya gol. Itu telah tercapai,” kata Brian. 

Pada dua nomor lainnya, Brian berharap bisa memenangi nomor gaya dada 50m putri Yesikarina dan nomor gaya kupu-kupu 50m putra Fadley. 

“Targetnya nambah dua lagi. Namun, paling tidak satu emas di luar ekspektasi kami. Harus diakui persaingan tahun ini berat,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut juga mengakui perolehan medali emas tersebut. Prestasi ini menyelesaikan semua tantangan renang, yang tujuannya selalu emas. 

Kita lihat mentalitas mereka sangat bagus. Kita berharap mereka bisa meraih emas di dua poin lainnya, kata Allan. 

Dengan hasil tersebut, Renang Sumut total meraih 1 medali emas dan 3 perak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *