Satgas Yonif 6 Marinir Habema Gencarkan Program Papua Pintar ke Anak-anak Kampung Muara

Papua, Titik Kumpul – Prajurit Satgas Batalyon Marinir (Yonif) 6 yang saat ini bertugas di Satgas Literasi Bergerak RI-PNG Komando Operasi Habema tengah menggencarkan program Papua Cerdas yang melibatkan anak-anak kampung muara di RI. wilayah perbatasan PNG.

Kegiatan program daerah yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 11 Oktober 2024 di Pos Logpon dibawah pimpinan Lettu Nico ini disambut antusias oleh anak-anak dan masyarakat di Kampung Muara, Wilayah Yahukimo, Dataran Tinggi Papua.

Komandan Satgas 6 Marinir Letkol Rismanto Manurung mengatakan, kegiatan lapangan bertajuk “Papua Cerdas” ini dilaksanakan dengan tambahan kurikulum bagi anak-anak usia sekolah dasar (SD) yang tinggal di sekitar Logpon RI-PNG. Pos Satgas Pamtas Keliling.

Dansatgas menambahkan, pendidikan merupakan kebutuhan dasar sosial, terutama bagi prajurit yang bertugas di sekitar Pos Logpon.

“Faktor pendidikan anak usia sekolah dasar merupakan salah satu hal penting dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat desa Muara. Salah satu penyebabnya adalah letak Muara yang relatif terpencil dan terbatasnya kesempatan pendidikan,” kata Dansatgas Letda Marinir. Kolonel Rismanto Manurung dalam keterangan resmi yang diterima Titik Kumpul Militer, Sabtu 12 Oktober 2024.

Berdasarkan pengetahuan tersebut, pada Jumat pagi, Letkol Mar Nico mengajak anak-anak usia sekolah dasar di sekitar Pos Logpon untuk mengikuti kegiatan pembelajaran tambahan yang dilakukan langsung oleh para prajurit.

Sebelum memulai proses kelas, Letkol Laut Nico selaku Komandan Pos Logpon mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sekitar desa Muara terutama anak-anak yang sangat antusias berbondong-bondong datang ke Pos Logpon untuk mengikuti kelas tambahan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Lettu Mar Nico juga memberikan motivasi kepada anak-anak untuk terus semangat belajar. 

Kegiatan pembelajaran tambahan bertajuk “Papua Cerdas” mendapat respon positif dari anak-anak di kampung Muara. Salah satu anak yang terlibat dalam penyidikan, Leo Murib mengaku sangat senang bisa mengikuti program Papua Pintar Pos Logpon bersama marinir Indonesia yang berada di bawah Komando Operasional Habema.

“” Terima kasih kepada Panglima Korps Marinir. Kami senang belajar di Marine Post. “Alhamdulillah,” ucap Leo Murib di hadapan prajurit Yonif Marinir 6 Satgas Pamtas Mobile RI-PNG.

Kegiatan Papua Cerdas yang melibatkan anak-anak Kampung Muara juga mendapat apresiasi khusus dari Panglima Komando Operasional Habema, Brigadir TNI Lucky Avianto. Menurut Lucky, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan prajurit TNI di wilayah perbatasan dapat mendukung program percepatan pembangunan di wilayah Papua.

“Inisiatif Satgas Marinir ke-6 Jaga Papua Cerdas di Pos Logpon merupakan upaya TNI dalam memberikan pelayanan kebutuhan dasar khususnya pendidikan anak usia sekolah untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua” Panglima KOOPS TNI, Brigjen TNI Lucky Avianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *