Biar Gak Ketinggalan Zaman, Begini Inspirasi Model Baju Timeless yang Tak Termakan Tren

Tangerang, Titik Kumpul – Tren fashion terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada tahun 2004 saja, masyarakat Indonesia melihat banyak perubahan tren pakaian. Misalnya saja saat Hari Raya Idul Fitri lalu, banyak sekali busana muslim dengan warna-warna cerah atau yang disebut warna pastel gemerlap. Selain itu, warna-warna berani seperti fuschia hingga navy blue juga populer di kalangan anak muda yang berani memakainya dengan memadukannya dengan warna-warna kontras.

Namun, sebagian besar tren memudar seiring berjalannya waktu dan hilang begitu saja. Faktanya, setiap orang membeli pakaian yang diinginkannya dan dapat dipakai dalam jangka waktu lama tanpa berpikir akan ketinggalan zaman. Scroll untuk mengetahui selengkapnya, yuk!

Hal itu pun diterapkan pada koleksi terbaru Barli Asmara yang dihadirkan di ajang fesyen tahunan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025. Menghadirkan model gaun masa lalu Kerajaan Inggris tahun 2024, koleksi bertajuk Timeless Dualty ini membuktikan sebuah contoh desain. itu tidak ketinggalan jaman.

“Kalau Barli Asmara lebih ke arah gaun-gaun Victorian, kami tetap menampilkan sisi yang sopan dan bukan sisi yang pendiam. Jadi menurut kami masih mengikuti tren yang ada saat ini,” kata kepala desainer Barli Asmara Nia Wijayanti dalam konferensi jurnalis Wardah untuk JMFW 2025, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu 12 Oktober 2024.

Ada 5 elemen yang ditekankan sang desainer pada koleksi terbarunya ini yang akan membuktikan bahwa gaya klasik hitam putih tidak akan bertahan dalam ujian waktu.

Kontras warna

Koleksinya menampilkan corak hitam dan putih, dan beberapa gaun memiliki kontras mencolok antara kedua warna tersebut, mewakili dualitas cahaya dan bayangan.

Siluet Victoria

Garis leher tinggi, lengan panjang, dan rok tergerai terinspirasi oleh fesyen Victoria, memberikan kesan kedalaman sejarah dan keanggunan abadi. Gaya berbusana ini masih cocok untuk acara formal saat ini.

Renda sebagai kain khas

Setiap bagian dalam koleksi ini dibuat dari kain renda rumit yang menambahkan tekstur halus dan sentuhan mewah dan feminin pada tampilan apa pun. Kedua detail ini membuat setiap pakaian menjadi lebih unik dan elegan.

Desain Terstruktur vs Mengalir

Bagian badan gaun disesuaikan untuk menciptakan bentuk yang terstruktur dan ketat, sedangkan rok mengalir bebas, memberikan mobilitas dan keanggunan. Interaksi antara struktur dan aliran mencerminkan keseimbangan antara tradisi dan modernitas.

Kombinasi satu warna dan dua warna

Meskipun beberapa gaun benar-benar hitam atau putih, yang lain menggunakan kedua warna tersebut untuk menciptakan intrik dan keseimbangan visual, dengan lapisan renda hitam pada gaun putih dan sebaliknya, menekankan tema dualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *