Sukses Besar! Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2024 Catatkan Total Transaksi Rp 8,7 Miliar

Titik Kumpul – Indonesia’s Mod and Lifestyle Exhibition (IMX) 2024 Road to the World sukses digelar pada 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Gelaran IMX ke-7 yang berlangsung selama tiga hari ini mencatatkan total transaksi sebesar Rp 8,7 miliar. Dibandingkan tahun lalu, total transaksi berjumlah 6,8 miliar USD. Pencapaian tersebut melampaui ekspektasi Ketua IMI Bambang Soesatio yang sebelumnya memperkirakan transaksi IMX 2024 akan meningkat hingga Rp 7 miliar.

Peningkatan perdagangan ini bertepatan dengan peningkatan kualitas dan skala acara global yang berfokus pada inovasi dan kolaborasi di pameran modifikasi otomotif dan gaya hidup terbesar di Asia Tenggara, IMX sekali lagi membuktikan dirinya sebagai pameran. yang mempertemukan para pemain inovatif di industri otomotif dengan pengunjung dari berbagai negara.

Puluhan ribu pengunjung dari seluruh dunia berbondong-bondong menghadiri Indonesia Mod & Lifestyle Expo (IMX) 2024 yang berlangsung selama tiga hari di ICE BSD. Antusiasme pengunjung terlihat melalui beragam kegiatan, mulai dari pameran mod hingga pertunjukan gaya hidup yang eye catching. IMX 2024 menjadi magnet yang menarik para pecinta mobil, penggiat modifikasi, dan komunitas gaya hidup dari seluruh Indonesia untuk menyaksikan langsung inovasi terkini di industri modifikasi dan aftermarket. Suasana menjadi lebih semarak dengan beragam program interaktif, berinteraksi langsung dengan pengunjung dan menciptakan pengalaman unik dan berkesan.

Acara IMX 2024 juga dihadiri oleh banyak tokoh penting dari pemerintah dan swasta, menunjukkan pengakuan akan pentingnya industri modding bagi perkembangan ekonomi kreatif Indonesia. Salah satu yang menarik adalah peluncuran berbagai produk eksklusif dari belasan lebih tenant serta peluncuran berbagai program kelas atas yang meramaikan acara tersebut.

Beberapa produksi lokal papan atas pun turut menampilkan karya terbaiknya. Beberapa merek lokal yang menampilkan inovasinya antara lain Pentaprima, Coga Bodykit, Yoong Motor, Belkote, Bitelblack, Torsion, Alfa Gloss, Karyatama Carbon, Sabre, Garasi Drift, Soboyow, Turbo Bastard Wheels dan merek nasional keluarga lainnya. Keikutsertaan mereka menunjukkan bahwa industri otomotif dalam negeri tak kalah kompetitif dalam menyediakan produk-produk berkualitas yang siap mendukung kemajuan otomotif dunia. Produk-produk lokal ini berhasil menarik pengunjung karena terkesan dengan inovasi dan kreativitas yang dibawa oleh merek-merek Indonesia.

Andre Mouliadi, Project Director IMX 2024, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian luar biasa tersebut.

“Kami bangga melihat antusiasme masyarakat terhadap IMX 2024. Pencapaian ini menunjukkan bahwa industri reparasi dan aftermarket Indonesia terus berkembang dan semakin mendapat tempat di hati para pecinta mobil. “Kami berkomitmen untuk terus menyediakan platform yang mendukung inovasi dan kolaborasi lintas sektor, baik di dalam negeri maupun global,” kata Andre.

Pembukaan IMX 2024 pada Jumat (10/4) dihadiri langsung oleh Ketua IMI Pusat Bambang Soatio, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan sambutan Menteri Pariwisata dan Kreativitas. Ekonomi, Sandiaga Uno. Kesuksesan IMX 2024 yang berlangsung selama tiga hari ini tidak lepas dari dukungan para pendukung acara, dimana Pertamina berperan sebagai official energy partner dan BCA berpartisipasi sebagai banking partner. Selain itu, kolaborasi eksklusif dengan merek otomotif ternama seperti Toyota, Honda dan Wuling sebagai Car Brand Partners, Penta Prima, Omni Tarra dan Wet Shine sebagai co-sponsor juga turut menambah kekuatan ajang ini.

Foreign Guest IMX di IMX 2024 memperkenalkan sosok-sosok legendaris dunia modifikasi dan motorsport yang menjadi sumber inspirasi global. Tahun ini nama-nama besar seperti Keiichi Tsuchiya, sang “Raja Drifting,” telah menjadi ikon dunia drifting; Ichishima dari Spoon Sports, pionir mod yang disegani; Ueno by Vertex, pakar body kit dan aerodinamika; Grup LBWK (Liberty Walk), yang terkenal dengan gaya moddingnya yang radikal; Dan inilah Ryan (Rywire), Big Mike (Think Bigger Project) dan Musa dari Musart sebagai tamu asing IMX. Kehadiran mereka tak hanya menarik perhatian para pecinta mobil, namun juga memperkaya pengetahuan mereka dan menginspirasi industri modifikasi tanah air dengan keahlian dan inovasi baru berkelas dunia.

IMX Live Modz Challenge 2024 “JDM War” menghadirkan tantangan kreatif yang tidak biasa di mana para modder harus memadukan konsep gaya JDM (Pasar Domestik Jepang) dengan inovasi teknologi dan desain modern. Persaingan ini juga menjadi bukti bahwa industri modifikasi otomotif di Indonesia semakin berkembang dan mampu bersaing di kancah global.

Tim Fitra Eri yang menggantikan Nissan Silvia S14 menjadi tim pemenang pertama. Tim Om Mobi, tim di belakang Mitsubishi 3000GT, menempati posisi kedua. Sedangkan tim besutan Ridwan Hanif menempati posisi ketiga dengan mobil Toyota Supra MK4.

NMAA Ultimate Builder menjadi alasan para modder begitu antusias mengikuti kontes NMAA Ultimate Builder. Tahun ini, jumlah permohonan yang diterima melalui hotline mencapai lebih dari 800. Jumlah ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan menunjukkan pesatnya perkembangan industri perbaikan di Indonesia.

“Evaluasi aspek Ultimate Builder 2024 termasuk kreativitas dan kebebasan bereksplorasi dalam memodifikasi kendaraannya. Perhatian terhadap detail sangat penting dalam hal ini, hakim sangat berpengalaman dalam hal ini. “Ryan dari Rywire telah menjadi juri di SEMA Builders Competition selama beberapa tahun terakhir dan juga tahun ini,” kata Erwin, sedangkan Big Mike adalah partner Ryan dan salah satu pembangun terkemuka di Amerika Serikat, yang terbaru adalah Musa by Musart”. M. Chairudin adalah pembangun terakhir.

Top 5 Ultimate Builder NMAA 2024 meliputi ASC dengan GT40, Java Fabrikasi dengan Honda Civic, Reza dengan Honda Estilo, ProRock Engineering dengan Modifikasi Truk dan Mci dengan Carbon Hilux. Kelima developer ini telah membuktikan kualitas dan kreativitasnya di dunia modifikasi mobil tanah air.

Kemenangan ProRock Engineering dengan truk inovatifnya sangat signifikan, membuktikan bahwa modifikasi tidak hanya terbatas pada mobil penumpang tetapi juga dapat diterapkan pada kendaraan niaga seperti truk berpenampilan keren dan bergaya.

IMX Exclusive Release yang menampilkan produk-produk eksklusif yang hanya akan dirilis di IMX 2024 sukses menarik perhatian pengunjung. Produk-produk tersebut, mulai dari aksesoris otomotif hingga fashion gaya hidup, banyak dicari wisatawan yang menginginkan barang-barang unik dan edisi terbatas. Kolaborasi brand lokal dan internasional semakin memperkaya pilihan produk, menjadikan IMX 2024 menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh para gamer dan penggiat industri kreatif. IMX 2024 juga mencatatkan transaksi penjualan senilai miliaran rupee dari berbagai produk aftermarket dan gaya hidup yang dipamerkan KOL/Influencer Car Display dengan 12 mobil milik KOL/artis ternama dipamerkan di IMX 2024. Koleksi mobil unik dan mewah ini mampu menarik perhatian para pengemudi. . penggemar. Beragamnya kendaraan modifikasi yang dipamerkan di IMX 2024 mencerminkan keunikan dan kepribadian pemiliknya.

Uya Kuya hadir dengan mobil ikonik Nissan Fairlady yang memadukan gaya klasik dan performa tinggi, sedangkan Anindita tampil sporty dan elegan dengan BMW M2 miliknya. Muklay dengan modifikasi unik logo Honda membuktikan mobil mungil pun bisa tampil gaya. Sarwendah mendapat sedikit kemewahan dari BMW F30, sedangkan Om Mobi mendapat sorotan dengan Subaru WRX Wagon yang tak kalah sporty. Harris Illano Friza menunjukkan kemewahan dan performa tinggi dengan Ferrari California miliknya, dan Negin Rahmatian dengan M3 E46 Cabriolet klasik dan sporty miliknya.

Giring Ganesha memperkenalkan Mercedes Benz C250 yang klasik dan mewah, sedangkan Dan Dimas dengan BMW E30 yang legendaris tetap menjadi favorit para pecinta mobil klasik. Rizky Billar juga menampilkan BMW F30 yang stylish dan menonjolkan modernitasnya. Akan MV memilih Toyota 86 yang sporty dan lincah, cocok bagi pecinta mobil sport. Tak lupa Praz Teguh merepresentasikan sesuatu yang unik, yaitu peningkatan angkutan umum yang memadukan budaya lokal dengan sentuhan modern sehingga menjadikannya sebuah karya seni yang menarik perhatian.

IDS x IMX 2024 menjadi ajang bagi para pebalap muda Indonesia untuk menunjukkan potensinya. Sejumlah pebalap muda berbakat akan mengikuti berbagai kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka acara tersebut.

Kehadiran pembalap drift legendaris Keiichi Tsuchiya asal Tokyo. Keiichi akan memperkenalkan kendaraan ikoniknya, Super Mame Go AE86, yang diluncurkan pertama kali di luar Jepang. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan aksi Drift King Keiichi Tsuchiya melalui sesi mengemudi taksi.

IMX Talkshow 2024 menarik perhatian pengunjung dengan suasana penuh energi dan semangat. Setiap sesi obrolan acara menampilkan diskusi menarik yang dipimpin oleh pembicara seperti Om Mobi, influencer ternama di industri otomotif, serta Musa dari Musart, Kataoka Kuhl Racing, Komunitas Indonesia, Kato LBWK, pembalap legendaris Keiichi Tsuchiya dan lainnya tamu asing IMX.

Dari hari ke hari, setiap pembicara berbagi pengalaman pribadi, tips dan kisah inspiratif yang membuat para pecinta mobil semakin bersemangat. Interaksi langsung antara pembicara dan audiens menciptakan momen interaktif dan menghibur dimana para tamu dapat bertanya dan berdiskusi secara langsung. Dengan beragam topik yang dibahas, IMX Talkshow 2024 tidak hanya menjadi ajang berbagi ilmu, namun juga menjadi ajang bagi komunitas otomotif untuk berkumpul untuk saling mendukung dan menginspirasi. Suasana yang nyaman dan intim membuat setiap talkshow menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh peserta.

IMX Garage Sale mengundang seluruh pengunjung IMX 2024 untuk menikmati belanja produk aftermarket dan gaya hidup terbaik tanpa repot di IMX Garage Sale, yang misinya adalah meningkatkan aspek ekonomi dan bisnis produsen produk aftermarket dan gaya hidup. Beberapa produk tersebut antara lain perawatan mobil, aksesoris bodi mobil, dan gaya hidup terbatas.

Temu Komunitas IMX Melalui Forum Komunitas Otomotif Komunitas Indonesia (IC), lebih dari 300 komunitas otomotif kembali mengikuti ajang IMX 2024.

IMX Mobile Zone & Lifestyle Zone menawarkan berbagai item gaya hidup menarik untuk menyenangkan pengunjung. Tn. Simply memperkenalkan desain alas kaki eksklusif hasil kerja sama dengan Drift King yang dirilis dalam jumlah terbatas, sedangkan Vertue menawarkan produk gaya hidup dari merek fashion kelas dunia, termasuk produk interior mobil terbaik. Punggawa Soboyow, Adityalogy, berkolaborasi dengan Grebe memamerkan berbagai produk lokal rancangan Kalibre x Keiichi Tsuchiya yang penting untuk koleksinya. Tak lupa, para kolektor diecast dimanjakan dengan pilihan 16 booth diecast yang memamerkan koleksi langka dan menarik, menjadikan IMX 2024 menjadi acara yang lengkap dan seru bagi pengunjung.

Dua model diecast eksklusif di IMX 2024 juga hadir yakni Nissan Skyline R34 Super Silhouette LBWK dan Hai Dudu x Vertex yang menarik perhatian para kolektor diecast dan diecast di seluruh Indonesia. Nissan Skyline R34 Super Silhouette LBWK yang diproduksi terbatas hanya 2.000 unit Mini GT 1:64 menjadi incaran utama berkat desain ikonik dan detail modifikasinya yang luar biasa. Bersamaan dengan itu, kolaborasi kreatif Hai Dudu dan Vertex menciptakan diocast limited release yang memadukan karakter khas Indonesia dengan sentuhan modifikasi duniawi, yang menunjukkan negara-negara industri kreatif tanah air mampu bersaing di kancah internasional. Kedua lukisan ini tidak hanya menjadi barang koleksi yang berharga tetapi juga merupakan simbol inovasi dan dedikasi terhadap industri Indonesia, sehingga menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya. Diecasters, penerima yang beruntung dari edisi terbatas ini, bangga menjadi bagian dari sejarah IMX 2024 dan karya anak-anak di negara-negara di seluruh dunia.

IMX Technology Park merupakan hasil kerja sama Badan Standardisasi Bahan dan Barang Teknik serta Pusat Pelayanan Industri yang biasa dikenal dengan B4T Kementerian Perindustrian.

IMX 2024 B4T memperkenalkan beragam mobil listrik dengan konsep inovatif, seperti BYD SEAL PERFORMANCE Electrical, sebagai mesin promosi pengembangan industri dan pelayanan, serta mesin performa Honda Vario yang diubah menjadi sepeda motor listrik dan a Daihatsu gran gaya Max Gh yang telah menambahkan panel surya dan fungsi “Charging”, memberikan solusi praktis untuk pengisian daya di area yang sulit dijangkau dengan listrik biasanya.

Paket Lotere Stiker IMX menawarkan kepada semua pengunjung IMX 2024 kesempatan untuk memenangkan lotre untuk produk gaya hidup dan seterusnya seharga 25.000 rubel dengan syarat membeli Paket Lotere Stiker IMX. Setiap jamnya, sketsa alternatif pilihan dan produk gaya hidup silih berganti mengisi ruang sela aktivitas di panggung utama.

IMX Super Giveaway IMX 2024 kembali hadir dari tiga selebriti mobil modifikasi yaitu Gran Max GH Style milik Gofar Hilman, Reccoba, Arif Brata dan Gofar Hilman, serta Wuling Binguo EV milik Cipung yang telah diganti dengan yang unik. Konsep oleh Rafi Ahmed dan tim NMAA.

Upacara pengundian dilakukan di panggung utama dengan dihadiri seluruh hadirin, perwakilan Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial, Notaris dan Indonesia.

Pengumuman pertama tentang mobil reccoba, aplikasi pemenang dipilih secara acak. Pemenangnya tidak harus berbaring di lapangan, dan yang beruntung adalah Hanif Prismantho.

Pernyataan kedua adalah pemenangnya GH Style Gran Max dengan transformasi gaya Amerika yang cantik. Pemenangnya sedang hamil. Annie dan suaminya terlihat sangat bahagia saat IMX 2024 diberikan hadiah simbolis oleh project Director Andre Muliad.

Pernyataan ketiga ditujukan kepada pemenang Wuling Binguo Ev Raffi Ahmad dan pemenang panggungnya bernama pria bernama Andy.

Kesuksesan IMX 2024 juga didukung oleh banyaknya pihak yang turut serta dalam penyelenggaraan acara tersebut. IMX 2024 terselenggara atas dukungan penuh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pertamina berperan sebagai mitra resmi energi, sedangkan BCA berperan sebagai mitra perbankan.

Selain itu, kerja sama eksklusif dengan merek otomotif ternama seperti Toyota, Honda dan Wuling sebagai Auto Brand Partners semakin memperkuat posisi IMX 2024 di industri otomotif. Dukungan Penta Prima, Omni Tarra dan Wet Shine sebagai co-sponsor semakin menguatkan acara ini. Kenyamanan tamu juga menjadi prioritas utama, Hotel Trembesi, Santika Premiere BSD City, Pop! BSD City Hotel dan Starlet Hotel merupakan hotel mitra. Oxygen.ID hadir sebagai partner internet, sedangkan Daytrans menjadi official travel partner acara tersebut. Untuk menjaga kesatuan pengunjung sepanjang acara, isi ulang bertindak sebagai layanan publik, mitra layanan penyewaan Power Bank untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi semua peserta dan pengunjung.

Dengan dukungan komprehensif dari berbagai bidang, IMX 2024 berupaya menciptakan platform yang menarik dan bermanfaat bagi para pemain di industri modifikasi dan pemasaran, dengan pengalaman tak terlupakan untuk dihadirkan kepada seluruh peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *