Seberapa Penting Fitur Rem ABS Pada Motor?

JAKARTA, Titik Kumpul – Saat ini penggunaan fungsi anti-lock brake system (ABS) semakin banyak dilakukan oleh produsen kendaraan roda dua. Banyak sepeda motor yang dilengkapi dengan teknologi ini.

Bahkan sempat ramai diperbincangkan perlunya sepeda motor di Indonesia menggunakan rem ABS. Mereka mengatakan risiko kecelakaan di jalan raya berkurang.

Dikutip Titik Kumpul dari Halaman Resmi Wahana Honda pada Minggu 13 Oktober 2024 Fitur ABS pada sepeda motor ini berperan penting dalam meningkatkan keselamatan berkendara.

Saat pengendara sepeda motor melakukan pengereman mendadak atau panik, ABS dapat membantu mencegah roda terkunci.

Salah satu kelebihan penggunaan rem ABS adalah memungkinkan pengemudi tetap menjaga kendali kendaraan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Beberapa keunggulan utama fitur ABS ini adalah jarak pengereman yang lebih pendek, umur ban yang lebih panjang, keausan yang berkurang, performa yang lebih baik dalam berbagai kondisi cuaca, dan potensi penghematan premi asuransi.

Sistem pengereman ABS menawarkan kontrol yang lebih baik dan pengaturan tekanan rem otomatis.

Kemudian, teknologi ABS membuat pengereman menjadi lebih aman karena mencegah roda sepeda motor terkunci sehingga kemungkinan terjadinya selip dan tergelincir pada ban sepeda motor jauh lebih kecil.

Saat berkendara di kondisi jalan licin, pengemudi rentan mengalami kecelakaan saat proses pengereman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *