Berprestasi di PON 2024, Ketua KONI Sumut: Atlet Kita Bisa Disandingkan dengan Atlet Elite Nasional

Medan, Titik Kumpul  – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov) akan meninjau prestasi para atletnya selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, Aceh-Sumut. Sementara Sumut mampu mengembalikan kejayaan daerahnya dengan finis di peringkat keempat.

Pengakuan tersebut diberikan Direktur Jenderal Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Armand Effendi Pohan, saat membacakan pernyataan Gubernur Sumut, Faton, di akhir rombongan PON XXI Sumut. Performa atlet Sumut di PON XXI menjadikan daerah itu sebagai juara yang mampu bersaing dengan juara PON.

“Kalian semua kebanggaan masyarakat Sumut, para pahlawan Sumut, cita-cita kita telah tercapai,” kata Effendi Pohan saat membacakan pidato penjabat duta besar di Tiara Conference Center di Jalan Cut Meutia, Medan. selama seminggu. malam, 13 Oktober 2024.

Pada PON XXI Aceh-Sumut, Provinsi Jawa Barat tampil sebagai juara umum, disusul DKI Jakarta, dan peringkat ketiga Jawa Timur. Sementara Sumut berada di peringkat keempat dengan perolehan medali 79 emas, 59 perak, dan 116 perunggu.

“Peringkat keempat mengejutkan karena sangat sulit untuk menggusur tiga tim teratas, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta, karena kerja keras kami selama bertahun-tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menambahkan, dari 8 pertandingan Sumut menempati posisi kedua dan 9 pertandingan berada di posisi ketiga. Hal ini menunjukkan atlet asal Sumut mampu bersaing dengan atlet papan atas asal Indonesia.

Kemenangan ini menunjukkan bahwa atlet kita bisa dibandingkan dengan atlet tanah air, dalam banyak pertandingan kita tidak berhasil, kata John Ismadi Lubis.

Acara ini dihadiri Forkopimda PON XXI Sumut, baik Pengprov Sumut maupun atlet Sumut. Hadir pula para guru dan pejabat Sumut, olahragawan dan OPD yang bekerja sama dengan Pemprov Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *