Dari Limbah Jadi Berkah, Pemuda di Karawang Sulap Cangkang Telur Menjadi Ladang Cuan

Karawang, Titik Kumpul – Salah satu penerima SATU Indonesia Award 2022, Muhamad Rizki mampu mengubah cangkang telur yang dibuang menjadi berkah bagi komunitas di komunitasnya.

Muhamad Rizki menerima penghargaan tersebut pada Jumat, 28 Oktober 2022 di Menara Astra, Jakarta, bertepatan dengan Hari Janji Pemuda.

Pemuda asal Karawang, Jawa Barat ini mengungkapkan, ide pemanfaatan cangkang telur ini didapatnya setelah melihat produksi cangkang telur Limbang dalam jumlah besar di salah satu pabrik dekat tempat tinggalnya.

Sekitar dua ton cangkang telur menumpuk di sekitar pabrik setiap minggunya dan tidak dikontrol dengan baik, kata Rizki. Kalaupun ganti rugi diterima, bau tak sedap tentu akan mengganggu hidung warga.

Berbekal informasi yang diketahuinya, Rizki mencoba mengubah sisa cangkang telur menjadi bubuk kalsium yang bisa digunakan sebagai pupuk tanaman atau bahan tambahan pakan ternak.

Menurut laporan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi, cangkang telur mengandung sekitar 97% kalsium karbonat, sedangkan sisanya mengandung fosfor, magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga.

Tingginya kadar kalsium pada kulit telur dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi tanaman. Selain itu, kalsium penting untuk pembentukan struktur tubuh manusia dan hewan, tulang dan gigi.

Lebih lanjut, saat Rizki mulai mengolah sendiri limbah cangkang telur, banyak kendala yang ia hadapi, seperti pemindahan cangkang ke tempat pengolahan, belum adanya mesin penggiling, dan cara menjual produk.

Kemudian ia mempekerjakan beberapa warga di dekat daerah tempat tinggalnya. Lambat laun permasalahan yang dihadapi mulai teratasi.

Ia mengaku senang mendapat bantuan dana dari BUMDS untuk membeli pabrik tepung terigu. Kini Rizki bisa memproduksi lima kuintal bubuk kalsium per bulan.

Berkat usahanya, Rizki bisa membantu warga dengan menciptakan lapangan kerja. Selain itu, para petani dan peternak juga mendapatkan berkah dari usaha ini.

Alhamdulillah, semoga apa yang saya dapatkan bisa menjadi sumber kegiatan perekonomian masyarakat. Ini menjadi penyemangat bagi saya khususnya generasi muda masa kini, kata Rizki saat menerima penghargaan SATU Indonesia 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *