Sosok Striker China dari Etnis Uighur yang Bobol Gawang Timnas Indonesia

QINGDAO, Titik Kumpul — Pemain depan Tiongkok Behar Abdulwaeli mencetak gol ke gawang timnas Indonesia pada laga keempat Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 di Zona Asia di Qingdao, Selasa, 15 Oktober 2024.

Bahram Abduveli mencetak gol pertama untuk tim tuan rumah pada menit ke-22. Gol tersebut bermula dari kesalahan Shane Pattinum yang berusaha menyelamatkan bola.

Saat itu, pemain Tiongkok Jiang Shenlong menangkap bola dari belakang dan mengopernya kepada Behar Abdulweli yang bebas di kotak penalti Indonesia.

Bahram Abdulwaeli merupakan pemain Tiongkok asal Uyghur, salah satu etnis di Tiongkok yang mayoritas beragama Islam.

Mengutip Laporan Xinjiang China, Rabu 16 Oktober 2024, Bahram Abduweli merupakan pesepakbola yang tumbuh di negeri tirai bambu.

Lahir pada tanggal 8 Maret 2003, pemain ini berasal dari Yining, sebuah kota di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, Tiongkok barat laut.

Bahram Abdulweli merupakan talenta sepak bola asal wilayah Xinjiang yang sebelumnya jarang terwakili di level olahraga nasional.

Bahram Abduveli konon memiliki kehidupan yang sulit sejak kecil. Ia dibesarkan oleh kakeknya yang mengalami kesulitan keuangan dan harus berjualan di pinggir jalan untuk bertahan hidup.

Saat berusia 13 tahun, Bahram Abduveli meninggalkan kampung halamannya untuk mengejar karir sebagai pesepakbola. Kemampuannya di lapangan membuatnya pindah ke Shandong Taishan FC pada tahun 2021. telah membuatnya menarik

Citranya mulai menjadi pusat perhatian setelah ia bergabung dengan Kota Shenzhen Peng pada Februari 2024. Berkat kerja kerasnya, Bahram Abduveli dipercaya mengemban tanggung jawab tim China U-20.

Di kancah internasional, Bahram Abduweli mengukir sejarah sebagai pemain Xinjiang yang mencetak gol untuk Tiongkok melawan Thailand di kualifikasi Piala Dunia pada Juni 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *