Formasi Pasukan Penjaga Nyawa Prabowo dan Gibran, 2 Komandan Ternyata Orang Gultor Kopassus TNI

LIVE – Beberapa hari lagi, Kerajaan Indonesia Serikat (NKRI) akan mempunyai Presiden dan Wakil Presiden baru untuk masa kepemimpinan 2024-2029.

Sebagai kepala negara tentunya Presiden dan Wakil Presiden tentu keselamatan dan keamanannya merupakan salah satu pekerjaan rumah yang penting bagi aparat keamanan, dalam jabatan ini Pasukan Keamanan Presiden (Paspampres).

Pada edisi Rabu 16 Oktober 2024 kali ini, Titik Kumpul Militer akan menghadirkan sosok para panglima yang akan memimpin pasukan pelindung kehidupan Presiden dan Wakil Presiden untuk melindungi nyawa Jenderal TNI (Purn) (HOR) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Siapa mereka?….

Yang pertama adalah Panglima Besar yang disebut Mayjen TNI Achiruddin, Komandan Paspampres.

Ia merupakan lulusan Akademi Militer pada tahun 1997 dan lahir di cabang Komando Pasukan Khusus Infanteri (Kopassus).

Dalam hal mengamankan jabatan kepala negara, jumlahnya tidak diragukan lagi. Sebab, pengalamannya selama bertahun-tahun menjaga keamanan Presiden Joko Widodo, khususnya saat masih menjabat Pimpinan Grupo A Paspampres.

Mayjen TNI Achiruddin merupakan perwira TNI Angkatan Darat khusus Penanggulangan Terorisme, mantan Wakil Komandan Sat 81 Gultor Kopassus.

Di Paspampres, Mayjen TNI Achiruddin memiliki 4 komandan divisi yang masing-masing mempunyai tugas dan tanggung jawab berbeda. Itu meliputi Grup A, Grup B, Grup C, dan Grup D.

Kelompok A, tugasnya melaksanakan langsung pengamanan yang berkaitan dengan Presiden, Ibu Negara dan keluarganya.

Komandan Grupo A Paspampres saat ini berasal dari Korps Baret Merah bernama Kolonel Inf Wimoko.

Ia baru akan menjabat pada awal tahun 2024 menggantikan Kolonel Inf Faizol Izuddin Karimir. Dan Kolonel Inf Wimoko juga berada di Sat 81 Gultor, sekaligus menjadi komandan kedua.

Golongan B, tugasnya melaksanakan pengamanan Wakil Presiden, Wakil Presiden dan keluarganya. Panglima yang berasal dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut bernama Kolonel Mar Tri Haryanto mendapat jabatan tersebut dua hari lalu menggantikan Kolonel Mar Nioko Budi Legowo.

Lalu ada Grup C. Tugasnya memberikan keamanan bagi pemerintah, VVIP, kepala negara, dan orang penting lainnya. Pemimpin Grup B juga baru, berasal dari satuan khusus Komando Pasukan Aksi Cepat TNI Angkatan Udara (Kopasgat). Namanya Letkol Pas Mohamad Misbahul Munir

Letkol Pas Mohamad Misbahul Munir baru saja menjadi Komandan Paspampres Grup C, sekaligus Kolonel Mar Tri Haryanto, karena Kolonel Mar Tri Haryanto sebelumnya menjabat Komandan Paspampres Grup C.

Saat ini Grup D merupakan prajurit yang akan menjaga keselamatan dan keamanan Pak Jokowi dan keluarga serta Maruf Amin dan keluarga. Sebab, Bagian D bertugas melindungi mantan presiden dan wakil presiden. Saat ini kelompok D dipimpin oleh Kolonel Pas Joko Sutopo.

Baca: Wakol Nioko, Ini Foto Perwira TNI Angkatan Laut, Komandan Penjaga Pantai Wakil Presiden Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *