Danrem 151/Binaiya Brigjen Anton da Silva Tegaskan Netralitas TNI dalam Pilkada Serentak di Maluku

Ambon, Titik Kumpul – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Korem 151/Binaiya menyelenggarakan Binkom Pencegahan Konflik Sosial bertajuk “Peranan Unsur Masyarakat dalam Pencegahan Konflik Sosial di Wilayah Maluku. Provinsi Maluku dan tokoh masyarakat, akademisi, dan generasi muda di wilayah Maluku untuk meminimalisir konflik di wilayah Maluku menjelang Pilkada Serentak pada 27 November 2024.

Komandan Korem 151/Binaiya, Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva mengatakan, kegiatan Pencegahan Konflik Sosial yang dilakukan Binkom bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat Maluku agar dapat bersinergi menjaga persatuan dan kesatuan di Tanah Maluku menjelang acara berikutnya. Pilkada 2024.

Brigjen TNI Anton menegaskan kesediaan Korem 151/Binaiya menghadapi pilkada sesuai UU No. 34 Tahun 2004, Bagian Ketiga, Tugas, Pasal 79 yaitu membantu tugas pemerintahan daerah.

“Kami telah mendapat instruksi dan perintah dari Panglima TNI untuk membantu aparat Pemerintah Daerah dan Kepolisian dalam mengamankan dan mensukseskan pilkada di wilayah Maluku sehingga diharapkan tidak terjadi konflik dalam bentuk apapun, baik secara horizontal maupun horizontal. konflik vertikal,” kata Danrem 151/Binaiya TNI Brigjen Antoninho Rangel da Silva dalam keterangan resminya yang diperoleh Titik Kumpul Militer, Rabu 16 Oktober 2024.

Selain itu, mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat ini juga menegaskan agar TNI khususnya jajaran Korem 151/Binaiya terus menjaga netralitas dinamika politik dengan menyelenggarakan pilkada serentak di wilayah Maluku sebagaimana disyaratkan UU 34 Tahun 2004. kaitannya dengan TNI. 

TNI sebagai Alat Negara tetap berkomitmen pada profesionalisme dan netralitas. TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis, baik langsung maupun tidak langsung. TNI harus tetap fokus pada tugas pokoknya yaitu menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah. . . . . , dan keamanan seluruh bangsa dan darah rakyat Indonesia telah tertumpah,” ujarnya.

Mari kita terus berkarya dan mengabdi kepada bangsa dan negara dengan segala semangat dan pengabdian. Prajurit TNI dan PNS tetap profesional, berintegritas dan menghormati bangsa lain, tambah Danrem 151/Binaiya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Maluku Daniel E. Indey mengatakan, pemerintah daerah Maluku sejauh ini telah memenuhi kewajibannya untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2004.

“Untuk anggaran Pilkada yang disalurkan ke Bawaslu dan KPU bersama Polri kita salurkan 100 persen, khusus personel di kabupaten/kota, untuk Linmas juga sudah disiapkan, sedangkan infrastruktur dari masing-masing OPD misalnya, Dinas Perhubungan juga menyiapkan transportasi darat, laut, dan udara. Jadi, secara umum kewajiban pemerintah daerah dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” kata Daniel E. Indey.

Dalam kesempatan tersebut, Daniel juga meminta agar semua orang, termasuk mereka yang sudah beberapa kali memilih, terutama mereka yang baru pertama kali memilih, bahkan pemilih yang memenuhi syarat namun belum mendaftar, untuk mendaftar tepat waktu. untuk memilih pada pemungutan suara tanggal 27 November 2024.

“Karena dengan meningkatnya partisipasi masyarakat berarti demokrasi kita juga akan tumbuh. Ini salah satu indikator keberhasilan kita yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat sehingga melalui Kesbangpol dan penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, mari kita terus bersinergi untuk terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu atau pilkada serentak tahun 2024, kata Daniel Indey.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *