Persaingan 3 Mobil Listrik Baru di RI, Satu Bulan Penjualannya Segini

Titik Kumpul – Pilihan mobil listrik di Indonesia semakin bertambah, nyatanya banyak mobil listrik baru yang dijual tahun ini, di antaranya All New Hyundai Kona Electric, Neta X, dan BYD M6.

Ketiga kendaraan listrik tersebut resmi diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 di ICE, BSD, Tangerang pada Juli lalu.

All New Kona Electric merupakan kendaraan listrik pertama Hyundai yang menggunakan baterai berbasis nikel. Hal ini membuat Kona Listrik memiliki TKDN yang lebih tinggi dibandingkan kendaraan listrik lainnya.

Ditawarkan dalam 5 varian, Kona Electric Style dibanderol Rp499 juta, Prime Standard Range Rp515 juta, Signature Standard Range Rp575 juta, Prime Long Range Rp760 juta, dan Signature Long Range Rp900 juta.

Varian Kona Electric Standard Range memiliki kapasitas baterai 48,9 kWh, dan jarak uji NEDC (New European Drive Cycle) 448 km. 

Kemudian motor listrik penggerak roda depan mempunyai tenaga 156 PS dan torsi 255 Nm yang disalurkan melalui transmisi otomatis satu percepatan.

Berbeda dengan model jarak jauh yang dibekali baterai berkapasitas 66 kWh untuk jarak tempuh 549 km saat uji NEDC. Tenaga maksimalnya pun lebih besar tentunya 217 PS dan torsi puncak 255 Nm.

Sementara itu Nita

Nita

Jika baterainya terisi penuh, SUV listrik merek China tersebut mampu menempuh jarak 480 kilometer dalam pengujian NEDC. Soal harga, Nita

Jika kedua mobil listrik buatan lokal ini menyasar segmen SUV, berbeda dengan BYD M6 yang hadir sebagai MPV listrik pertama di Indonesia. Mobil yang didatangkan dari China ini dibanderol dengan harga Rp.

Semua jenis didasarkan pada baterai lithium ferrophosphate atau pelat LFP dengan kapasitas berbeda. Untuk model latin tenaganya 55,4 kWh berdasarkan uji NEDC dengan jangkauan 420 km.

Perbedaannya dengan model sebelumnya adalah kapasitas baterainya sebesar 71,8 kWh dengan jangkauan yang diklaim 530 km per pengujian NEDC. Lantas siapakah yang paling laris dari ketiga mobil listrik baru tersebut?

Berdasarkan data Gabungan Industri Mobil Indonesia atau Gaikindo, BYD M6 menjadi best seller di bulan September dengan penjualan pabrik di 836 diler.

Sementara itu, Kona Electric, meski baterainya diproduksi dalam negeri, ternyata jumlahnya relatif sedikit yakni 174 unit, jauh lebih banyak dibandingkan Hyundai Ioniq 5 saat pertama kali muncul.

Terakhir, Nita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *