Ingin Cetak Prajurit Tangguh, Pangkostrad Resmikan Resimen Latihan dan Pertempuran Kostrad Baru

Purwakarta, Titik Kumpul – Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat TNI AD (Kostrad) kembali menorehkan sejarah baru. Satuan tempur TNI AD telah membentuk Resimen Latihan dan Tempur Kostrad (Menlatpur) yang akan berperan sebagai garda depan dalam melatih dan mempersiapkan prajurit TNI AD yang tangguh dan siap tempur.

Pangkostrad Letjen TNI Mohamad Hasan baru saja melantik Menteri Kostrad Menlatpur kemarin di Lapangan Latihan Kostrad, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, 14 Oktober 2024.

Pelantikan Menlatpur Kostrad merupakan konsekuensi dari Surat Keputusan Kasad nomor Kep/403/VII/2024 yang mengatur tentang pembentukan satuan baru di jajaran TNI Angkatan Darat.

Pelatihan Menlatpur Kostrad juga dirancang sebagai cikal bakal untuk melatih prajurit Kostrad yang pandai berperang, pandai menembak, pandai bela diri, dan unggul jasmani agar menjadi pejuang pejuang penjaga kedaulatan NKRI, hal tersebut. satu. sejalan dengan semboyan Kostrad, “Yudha Nirbaya Bhakti”.

Dalam sambutannya, Pangkostrad Jenderal Mohamad Hasan menyampaikan pesan penting kepada seluruh jajaran Menlatpur Kostrad untuk selalu menjaga kekompakan dan kesiapan operasional.

Tugas yang Anda laksanakan adalah kehormatan dan amanah bangsa dan negara. Anda menjaga dan menjaga kesiapan operasional satuan tersebut dengan penuh tanggung jawab, kata Pangkostrad Letjen TNI Mohamad Hasan dalam keterangan resminya, Rabu, Oktober. . 16 2024.

Dalam kesempatan itu, Pangkostrad juga melantik Inf Kolonel Rudianto sebagai Panglima Kostrad Menlatpur. 

Pangkostrad menegaskan, kehadiran Menlatpur Kostrad merupakan bukti nyata komitmennya untuk melatih prajurit Kostrad yang unggul dalam berbagai aspek, mulai dari keterampilan tempur, keterampilan menembak, keterampilan bela diri, hingga kebugaran jasmani yang luar biasa. 

“Dengan profesionalisme yang berkelanjutan, para prajurit ini siap menghadapi tantangan masa depan dalam penugasan Operasi Militer Militer (MMO) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik di dalam negeri maupun internasional,” ujarnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Pangkostrad juga melakukan upacara serah terima (Sertijab) Komandan Yonif Kostrad Satria Sandi Yudha (SSY) dari Inf Letkol Edy Syahputra kepada Inf Mayor Sudarmin. 

Pangkostrad menyampaikan apresiasi atas kinerja Letkol Inf Edy Syahputra dalam memimpin Batalyon Pengintai Tempur (Taipur) SSY Kostrad. Pangkostrad berharap Inf Mayor Sudarmin dapat membawa satuan ini ke jenjang yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *