Majelis Hukama Muslimin Tegaskan Perkuat Peran Agama Atasi Tantangan Perubahan Iklim

BAKU, Titik Kumpul – Majelis Hukama Muslim (MHM) akan membuka kembali Rumah Imannya pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP29) pada November 2024 di Baku, Azerbaijan. House of Faith diharapkan memainkan peran penting di COP29. Memenuhi tantangan perubahan iklim.

Hal ini melanjutkan keberhasilan edisi pertama Hall of Faith pada COP28 di Uni Emirat Arab tahun lalu. Pada saat itu, partisipasi dalam World Hall of Faith tersebar luas dan mendapat pengakuan internasional.

“Hall of Faith sekali lagi akan menyatukan koalisi beragam yang terdiri dari 97 organisasi yang mewakili 11 agama dan denominasi berbeda. “Kemitraan kolektif ini menawarkan perspektif etika dan moral yang unik untuk memajukan aksi iklim,” kata Sekretaris Jenderal MHM Mohamed Abdulsalam melalui keterangan tertulis, Kamis, 17 Oktober 2024.

Faith Hall menyatukan koalisi global untuk memberikan wawasan agama dan etika guna memperkuat upaya iklim melalui program yang komprehensif, termasuk lebih dari 40 lokakarya yang mengeksplorasi integrasi spiritualitas dan etika dalam aksi iklim.

Pembahasan ini mencakup pemulihan akar spiritual untuk mengatasi krisis iklim, eksplorasi dampak non-ekonomi perubahan iklim dari sudut pandang agama, pemberdayaan siswa untuk mengatasi tantangan lingkungan melalui ajaran agama, peran kepemimpinan perempuan dalam mencapai keadilan iklim, dan membangun kemitraan. Dibutuhkan adaptasi terhadap perubahan iklim dan menggunakan akal sehat.

Paviliun Iman di COP29 juga akan mengeksplorasi topik-topik lain seperti gaya hidup berkelanjutan, desa ramah lingkungan berbasis agama, pendanaan iklim inovatif, dan dialog antargenerasi. Faith Hall juga akan menyoroti prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh “Panggilan Hati Nurani: Pernyataan Iklim Bersama Abu Dhabi” dan mengubah Faith Hall menjadi pusat ide-ide transformatif dan solusi kolaboratif dalam kerangka interaktif.

Upaya ini didorong oleh nilai-nilai dan komitmen bersama komunitas agama dunia. Faith Hall menyoroti komitmen bersama dari beragam komunitas ini dalam menghadapi tantangan lingkungan dan mengeksplorasi bagaimana spiritualitas dapat menginspirasi aksi iklim.

Anggota Dewan Mohamed Abdulsalam menekankan perlunya tindakan iklim untuk mengambil solusi inovatif berdasarkan nilai-nilai etika dan pengetahuan ilmiah. Beliau menekankan pentingnya peran yang dimainkan oleh para pemimpin agama dan intelektual sebagai suara moral yang kuat yang dapat membantu individu dan masyarakat menganut prinsip-prinsip keadilan dan keberlanjutan.

Penasihat Abdulsalam mencatat bahwa House of Faith di COP29 dibangun berdasarkan keberhasilan signifikan dari publikasi pertamanya di COP28 di Dubai dan bertujuan untuk memastikan keberlanjutan inisiatif COP28 sekaligus memperkuat moral kolektif untuk menghadapi tantangan iklim.

Sekretaris Jenderal Abdulsalam mengucapkan terima kasih kepada Komite Tingkat Tinggi yang mengawasi persiapan COP28 atas dukungan mereka terhadap inisiatif Hall of Faith yang dilakukan MHM selama COP28. Ia memuji komitmen komite untuk mempertahankan inisiatif penting ini sebagai platform dialog yang berkelanjutan antara para pemimpin opini dan agama untuk menemukan solusi efektif terhadap tantangan mendesak perubahan iklim.

Dalam perkembangan yang signifikan, Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) akan mengadakan serangkaian konferensi ilmiah di Faith Hall untuk pertama kalinya. Konferensi ini akan menjembatani kesenjangan antara ilmu pengetahuan dan agama dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai krisis lingkungan hidup sambil melakukan diskusi-diskusi ini dalam kerangka etika dan spiritual. Kemitraan ini menyoroti pentingnya menggabungkan pengetahuan ilmiah dengan keharusan etis untuk mengatasi krisis iklim.

Pada COP29, House of Faith juga terus menangani perubahan iklim sebagai isu yang sangat berkaitan dengan agama dan moral. Para pemimpin agama dari 11 perwakilan agama dan denominasi menghimbau para politisi global untuk mempertimbangkan konsekuensi spiritual dan moral dari pengabaian terhadap lingkungan dan mengambil tindakan tegas dan segera untuk melindungi planet ini. Kerangka etika ini akan mempengaruhi negosiasi COP29 yang lebih luas dan mendorong para pengambil keputusan untuk memasukkan perspektif etika ke dalam strategi iklim masa depan.

Menyadari peran penting kaum muda dalam perjuangan melawan perubahan iklim, Faith Hall menyoroti para pemimpin muda dari berbagai latar belakang agama yang membawa perspektif baru dan perlunya kolaborasi antargenerasi untuk mengatasi krisis iklim. Selain itu, Hall of Faith memamerkan keberhasilan inisiatif kepemimpinan pemuda dan komunitas yang dipimpin oleh organisasi berbasis agama untuk menunjukkan dampak nyata dari aksi iklim akar rumput.

Paviliun Iman di COP29 bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pendekatan spiritual, akademis, dan berbasis kebijakan dengan mendorong kolaborasi antara organisasi yang berpartisipasi, pemimpin agama, cendekiawan, dan pembuat kebijakan. Paviliun ini juga akan mengatasi potensi tantangan dan meningkatkan efektivitas advokasi iklim berbasis agama. Semangat kolaborasi ini diperlukan untuk memastikan bahwa suara komunitas agama diintegrasikan secara bermakna ke dalam kebijakan iklim global.

Selain itu, paviliun ini menyampaikan pesan persatuan dan harapan yang kuat, menyoroti potensi tindakan kolektif untuk mengatasi krisis iklim. Anggota House of Faith menyerukan kepada komunitas dunia untuk membangun hubungan berkelanjutan dengan alam berdasarkan prinsip-prinsip etika pengelolaan, kasih sayang dan keadilan.

Ketika dunia berkumpul di Baku, Hall of Faith tidak diragukan lagi akan menjadi mercusuar kepemimpinan spiritual yang membimbing umat manusia menuju masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan.

Di Faith Hall pada COP29, yang diselenggarakan bersama oleh MHM dan Faith Hall. Ini merupakan kelanjutan dari inisiatif antaragama yang dimulai pada COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab. Tujuan dari acara ini adalah untuk membawa perspektif etika dan moral ke dalam perdebatan iklim global. Sebagai bagian integral dari Konferensi Perubahan Iklim PBB, Faith Hall berfungsi sebagai platform khusus bagi organisasi arus utama berbasis agama dan lembaga berbasis agama untuk mengadvokasi keadilan iklim dan menginspirasi tindakan yang bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *