Honda Forza 125 Meluncur, Bagasinya Luas dan Konsumsi BBM 41,9 KM per Liter

Titik Kumpul – Setiap merek sepeda motor memiliki strategi berbeda di setiap negara. Seperti halnya Honda, sepeda motor yang ditawarkan merek Jepang ini berbeda-beda di setiap negara, dan Indonesia adalah salah satunya.

Untuk pasar skutik besar, Astra Honda Motor selaku pabrikan menawarkan Honda PCX 160 dan Forza 250. Sedangkan di Eropa, Forza yang diciptakan sebagai pesaing XMAX memiliki mesin yang lebih kecil.

Khusus di benua biru, skutik gede ini punya mesin lebih kompak yakni Honda Forza 125, sedangkan desainnya mirip Forza 250 di Indonesia atau Forza 350 di pasar Thailand.

Tampilannya lebih sporty, dengan banyak lekukan di bagian depan yang memanjang hingga ke belakang. Kaca depan atau windshield-nya bisa diatur secara elektrik, sama seperti kakaknya.

Penerangan utamanya adalah LED DRL (daytime running light) sebagai pemanis. Fitur lain yang didukung termasuk pengisian daya USB untuk mengisi daya ponsel, fob, atau key fob Anda.

Kemudian dashboardnya diwarnai secara digital dan dapat terkoneksi dengan internet melalui smartphone, sehingga dapat ditampilkan peta rute saat berkendara.

Mengingat bodinya yang masif, ruang penyimpanan di belakang jok Forza 125 yang lebar dan panjang mampu menampung dua helm sekaligus.

Sedangkan untuk mesinnya, mobil ini ditenagai mesin silinder tunggal 124cc yang dilengkapi teknologi eSP+ dan empat katup.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum 14,3 hp pada 8.750 rpm dan torsi puncak 12,5 Nm pada 6.500 rpm. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi ruang bakar 11,5 banding 1 dan lubang silinder 53,5 mm.

Konsumsi bahan bakar mesin SOHC berpendingin cairan ini setara dengan 41,9 kilometer per liter, dan mengingat Honda mengisi tangki bahan bakar 11,7 liter, maka Forza 125 memiliki jangkauan 491 kilometer.

Untuk keselamatan pengendara, sepeda motor matic ini hadir dengan teknologi HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang fungsinya mencegah sepeda motor selip dengan mengatur traksi roda sesuai kondisi jalan.

Tak hanya itu, sesuai peraturan pemerintah setempat, sepeda motor matic ini juga dilengkapi pengereman ABS (anti-lock brake system) untuk mencegah roda depan dan belakang terkunci saat pengereman mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *