Wiper Mobil Tiba-tiba Mati, Ini Cara Mudah Mengatasinya

JAKARTA, Titik Kumpul – Salah satu komponen terpenting pada sebuah mobil, wiper kaca depan berfungsi membersihkan kaca mobil dari air hujan, debu, atau kotoran lainnya agar jarak pandang pengemudi tetap maksimal.

Meski sering dianggap sebagai komponen sepele, wiper kaca depan yang mengalami kegagalan fungsi atau berhenti secara tiba-tiba tentu dapat mengganggu keselamatan berkendara, apalagi saat cuaca buruk.

Dikutip Titik Kumpul dari laman resmi Auto2000, ada beberapa penyebab matinya wiper kaca mobil. Namun pemilik mobil tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk memperbaikinya.

Penyebab umum wiper mobil mati adalah karet wiper yang sudah aus. Jika sudah aus atau mengeras, sebaiknya pemilik segera menggantinya dengan karet yang lebih fleksibel.

Sementara itu, selain menyebabkan air mengalir tidak merata pada permukaan kaca, karet fleksibel yang keras juga dapat menyebabkan kaca mobil tergores.

Nah, gerakan wiper kaca mobil yang lambat bisa jadi menjadi penyebab wiper mobil Anda berhenti secara tiba-tiba.

Fenomena ini biasanya disebabkan oleh kotornya bagian sistem penggerak wiper. Hal ini mempengaruhi arus listrik dan biasanya menyumbat engkol wiper kaca depan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membersihkan kumparan resistor.

Selain itu, penyebab aliran wiper kaca mobil lambat adalah karena komponen wiper sudah berkarat. Akibatnya kinerja wiper menjadi tidak maksimal atau pembersihan menjadi lambat.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan bagian crank arm yang berkarat dan menyemprot bagian tersebut dengan cairan anti karat.

Penyebab lain yang menyebabkan wiper mobil berhenti tiba-tiba adalah wipernya tidak bergerak sama sekali. Kemungkinan pertama terjadinya kecelakaan ini adalah motor listriknya sudah aus. Jika hal ini terjadi, tidak ada pilihan selain menggantinya dengan yang baru.

Kemungkinan kedua adalah sekring rusak. Ada dua masalah pada sekring. Jika sekring putus berarti ada kelebihan arus listrik. Oleh karena itu pemilik harus memperhatikan rangkaian dan hubungan antar kabel yang berhubungan dengan sekring.

Penyebab lainnya adalah ada masalah pada dinamo wiper kaca depan, biasanya korsleting pada mobil. Jika hal ini terjadi, wiper kaca mobil dinyatakan rusak total dan perlu diganti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *