Apa Istimewanya Mobil yang akan Digunakan Presiden Jokowi Pulang ke Solo

Titik Kumpul – Presiden Jokowi akan kembali ke Solo, Jawa Tengah pada Minggu 20 Oktober 2024 setelah memperkenalkan Prabowo Subianto sebagai penggantinya. Istana Kepresidenan sedang menyiapkan dua rencana kepulangannya.

Untuk pertama kalinya di Tanah Air, All New Toyota Alphard dimodifikasi dengan plat nomor AD 1 JKW, atau pesawat terbang, seperti disampaikan Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

Terkait situasi kepulangan ke Solo, seluruh Sekretariat Kementerian Luar Negeri sedang mempersiapkan berbagai skenario. Setuju lewat jalan darat atau pesawat, kata Ari saat berbincang dengan wartawan.

Tentu yang menjadi pertanyaan, apa istimewanya Toyota Alphard generasi terbaru ini? Mengapa tidak memilih Mercedes-Benz S-Class, G-Class atau Toyota Land Cruiser?

Toyota Alphard generasi keempat yang akan digunakan Jokowi akan diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2023. MPV premium ini dibanderol antara Rp 1,4 miliar hingga Rp 1,7 miliar on the road.

Alphard terbaru mendapat banyak perubahan mulai dari desain eksterior, interior, teknologi hingga desain untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Menggunakan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA GA-K, dengan struts lurus dan struts berbentuk V di kaki belakang yang membuat mobil 50 persen lebih kaku dibandingkan generasi sebelumnya.

Suspensi depan MacPherson strut khusus platform baru dengan double wishbones yang direvisi di bagian belakang. Peredam kejut mengatur gaya redaman berdasarkan frekuensi getaran permukaan jalan.

Perubahan ini diklaim dapat membantu mobil menjadi lebih stabil saat melaju, dan mengurangi getaran yang tidak diinginkan di jalan. Getaran yang dirasakan penumpang baris kedua juga berkurang.

Toyota juga menyematkan rubber bushing pada rangka penahan beban dan memory foam pada sandaran tangan putar untuk meredam getaran. Melalui pengujian internal, getaran yang ditransmisikan ke dalam kabinet 30% lebih rendah dari sebelumnya.

Interiornya menyerupai pesawat terbang, atap Alphard terbaru ini memiliki sunroof yang terbagi menjadi sisi kiri dan kanan, di tengahnya terdapat panel kendali panjang seperti lubang AC, interior ambient lighting, dan layar hiburan.

Pintu MPV memiliki pintu geser elektrik yang memudahkan penumpang baris kedua keluar masuk berkat pijakan kaki yang otomatis keluar 220 mm dari permukaan tanah dan sandaran tangan panjang pada pilar C.

Mobil yang diusung Jokowi diduga merupakan All New Alphard Hybrid. Kendaraan tersebut dibekali mesin 2.500cc berkode A25A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik dan baterai yang menggerakkan roda depan pada kecepatan tertentu, dengan penggerak listrik total dan mesin pembakaran dalam berkapasitas 250 PS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *