Kapan Mobil Listrik Smart Masuk Pasar Indonesia?

Jakarta, Titik Kumpul – Produsen mobil listrik Smart mencoba kembali memasuki pasar Indonesia dengan kehadirannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Juli lalu.

Sekadar informasi, merek ini sebelumnya telah hadir di pasar mobil Indonesia pada tahun 2010 hingga 2014. Saat itu, merek tersebut memperkenalkan mobil mungil bernama Fortwo. Sayangnya mobil ini kurang diterima dengan baik oleh masyarakat umum.

Kemudian di ajang GIIAS 2024, di bawah bendera Inchape Group, merek ini memperkenalkan mobil Smart #3, dengan dua versi Premium dan Brabus.

Namun belum diketahui tanggal pasti kapan merek ini benar-benar akan masuk ke pasar mobil Indonesia.

Kariyanto Hardjosoemarto, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Inchape Indomobil Distribution Indonesia mengatakan, pihaknya masih dalam proses persiapan akhir.

“(Setja Smart) ya, ini baru persiapan akhir, saya bilang di sini benar-benar akan diluncurkan, kemarin kita bawa ke GIIAS untuk diuji pasar. Kami mencoba memperkenalkan kembali merek tersebut. ) dulu,” ujarnya seperti dikutip Titik Kumpul di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia memastikan mobil listrik pintar akan resmi memasuki pasar Indonesia pada tahun depan.

“Kami sedang mempersiapkan sekarang, tahun depan, mungkin kuartal pertama, kami mungkin mulai beroperasi,” kata Kariyanto.

Soal harga, dia mengatakan mobil listrik Smart dibanderol dengan harga bersaing.

“Harganya pasti bersaing, tapi saat ini harganya belum final di level berapa, tapi tentu dilirik pemain-pemain setara, misalnya di level berapa, nggak jauh-jauh. Jadi kurang lebih sama di partai yang sama,” dia menjelaskan.

Lebih lanjut, Kariyanto mengumumkan merek Smart nantinya akan masuk ke segmen premium.

“Smart kita klasifikasikan masih di segmen premium, jadi sekarang pemain premiumnya hanya sedikit, tidak banyak, jadi bisa tahu sendiri. Tapi tentu kita lihat pasarnya bagaimana,” kata Kariyanto.

Untuk lebih jelasnya, Smart #3 EV memiliki panjang 4.400mm, lebar 1.844mm, tinggi 1.556mm, dan wheelbase 2.785mm.

Kemudian untuk mesinnya, model Premium menggunakan motor listrik berkekuatan 200 kW dan torsi 343 Nm. Mobil ini mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 5,8 detik dengan kecepatan tertinggi 180 km/jam. Performanya dibantu oleh penggerak roda belakang (RWD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *