Motor Baru Suzuki Meluncur, Irit BBM dan Lebih Murah dari Honda Stylo

Titik Kumpul – Hingga saat ini Vespa masih merajai segmen sepeda motor matic bergaya retro, namun seiring berkembangnya tren sepeda motor matic retro, pabrikan asal Jepang mulai memproduksi produk serupa. Mulai tahun 2020 Suzuki.

Suzuki menjadi perusahaan pertama yang bermain di segmen skuter retro dengan Suzuki Celuto 125 yang dijual di Taiwan. Melihat permintaan pasar yang menjanjikan, mereka melebarkan sayapnya ke negara lain.

Salah satunya berlokasi di China, Suzuki baru saja merilis sepeda motor matic bergaya retro bernama Suzuki US125T di pasar China, seperti dilansir Greatbikers pada 19 Oktober 2024.

Sekilas desainnya mirip dengan Saluto, namun ada beberapa perbedaan. Pertama, bagian tameng atau bodi depan yang dipertebal dengan garis krom dan emblem Suzuki.

Desain kepalanya juga sedikit berbeda, lekukan dibuat lebih dinamis dan kaca spion bulat krom bergaya retro dibiarkan. Untuk lampu utama juga menggunakan LED.

Kemudian panel instrumen yakni odometernya full digital, bukan dicampur analog seperti di Salto. Lampu rem belakang dan lampu sein juga sudah LED seperti motor modern masa kini.

Joknya tidak sewarna bodi, memilih warna abu-abu, dan jok berwarna hijau berwarna coklat dengan desain bertingkat dan jahitan berlian.

Sementara bodi belakang yang membulat sekilas mengingatkan pada Saluto, begitu pula dashboard dan pijakan kaki datar.

Fitur lainnya adalah adanya port USB untuk mengisi daya ponsel, namun sayangnya masih menggunakan kunci tradisional dibandingkan smart key seperti Celloto.

Pada sektor jari-jari kaki, ukuran peleknya 10 inci di belakang, 12 inci di depan, dengan rem tromol di belakang dan cakram di depan. Lalu bagaimana dengan jalur dapur?

Suzuki US125T masih mengandalkan mesin Saluto, SOHC 125cc bertenaga 6,9kW pada 7000rpm dan torsi 10Nm pada 6000rpm.

Jika mesin mengikuti versi Saluto dengan setting ECU dan knalpot, konsumsi bahan bakarnya sama.

Sebelumnya, Suzuki mengaku hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 51,1 km. Kini, dengan ubahan tersebut, selain emisi lebih rendah, juga lebih irit, yakni mencapai rekor 62,1 kmpl.

Soal harga, Suzuki US125T dibanderol 10.180 Yuan atau setara Rp 22 jutaan. Artinya, harga motor matic baru bergaya retro Suzuki ini akan sama dengan harga Honda Skopje atau lebih murah dari Stylo 160 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *