Prabowo Dilantik Jadi Presiden, Danpaspampres dan Wadan Paspampres Langsung Diganti

Jakarta, Titik Kumpul – Masyarakat Indonesia bersama-sama menyaksikan momen bersejarah: upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) pada Minggu memilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua dan Wakil Ketua di Gedung Nusantara DPR/MPR RI. 20 Oktober 2024. 

Pasca pelantikan Prabowo sebagai Presiden kedelapan RI pada Minggu lalu, otomatis pengaturan keamanan Kepala Negara RI menjadi tanggung jawab satuan khusus Pasukan Keamanan Presiden (Paspampres).

Menariknya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah mengeluarkan perintah terkait pengangkatan 63 Panglima Pengganti (Pati) TNI yang akan menduduki berbagai jabatan penting di lingkungan TNI. Di kementerian/lembaga dan 

Salah satu jabatan penting yang dirotasi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto adalah Panglima Pasukan Keamanan Presiden (Danpaspampres).

Ya Posisi Danpaspampres yang semula dijabat Jenderal (Mayjen) TNI Achiruddin berubah. Mayjen TNI Achiruddin akan mengemban jabatan baru sebagai Pangdam VI/Mulawarman menggantikan Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang diberi jabatan baru sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI. 

Selain itu, Panglima TNI juga menggantikan Wakil Panglima TNI Marsma TNI Solihin yang akan menggantikan Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean yang akan menjabat sebagai Staf Khusus Kasal yang baru.

Sementara itu, pos Wadan Paspampres akan diisi oleh Brigjen (Laut) Samson Sitohang yang sebelumnya menjabat Dankodikmar Kodiklatal TNI AL.

Sekadar informasi, rotasi dan mutasi di lingkungan TNI dilaksanakan berdasarkan Perintah Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 tanggal 18 Oktober 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. .

Perintah Panglima TNI mencatat 63 TNI Pati mengalami rotasi atau mutasi jabatan. 35 personel TNI Pati di Pati 63; 15 Pati TNI Angkatan Laut dan 13 Pati TNI Angkatan Udara.

TNI 35 TNI AD Pati, Secara resmi diputuskan mutasi dan kenaikan pangkat 63 TNI (Perwira Tinggi), meliputi 15 TNI AL Pati dan 13 TNI AU Pati. Jenderal TNI Hariyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Titik Kumpul Tatmadaw. Minggu malam 20 Oktober Tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *