Maung MV3 Garuda Presiden Prabowo Mirip dengan Mobil Korea Ini

Titik Kumpul – Limousine Garuda MV3 Maung menjadi sorotan publik saat digunakan Prabowo Subianto saat pelantikan Presiden RI 2024. pada Minggu, 20 Oktober. Besutan PT Pindad, mobil mewah itu tampil menawan warna putih.

“MV3 Garuda Limousine dirancang khusus dari MV3 Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” kata PT Pindad dalam keterangan resmi.

Namun siapa sangka, ternyata MV3 Garuda bersumbu panjang ini mirip dengan salah satu SUV produksi Korea Selatan, SsangYong Rexton.

Pertama, dari sisi desain interior, mulai dari panel pintu, jok, panel instrumen, konsol tengah, lingkar kemudi, panel instrumen, dan head unit model geser 12,3 inci dapat terkoneksi internet dari smartphone.

Bedanya hanya pada warna, beberapa varian Rexton memiliki interior berwarna hitam, sedangkan interior MV3 Garuda sebagian besar dibalut semi leather berwarna coklat.

Basis mobil nasional Ginseng ini berkapasitas tujuh penumpang sehingga kursi baris kedua didesain untuk tiga penumpang, sedangkan Garuda MV3 dijadikan Captain Seat hanya untuk dua penumpang.

Tak hanya itu, bagian dapurnya juga sama jika melihat artikel yang tertera. Mobil mengkilat besutan Pindad ini mengusung mesin yang sama dengan Maung MV3, yakni bermesin turbodiesel 2.200cc bertenaga 199bhp yang dikawinkan dengan girboks 8 percepatan.

Rexton juga dibekali mesin turbodiesel 2.200cc yang bisa diubah mulai tahun 2021 dan seterusnya. Mesin dieselnya punya tenaga lebih besar, dari generasi sebelumnya 178,3 hp dan torsi 420 Nm menjadi 198,4 hp dan torsi 441 Nm.

Ini berarti tenaganya meningkat sekitar 20bhp dan torsi puncak melonjak hingga 21Nm, memberikan SUV ini dorongan dari putaran rendah, meski hanya tersedia di atas 1600rpm.

Tenaga disalurkan ke seluruh roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan atau 4×4 dengan kunci diferensial belakang otomatis. Pengoperasiannya intuitif dan dapat dikontrol secara manual dengan mengganti bantalan.

Kemudi mobil ini ringan berapapun ukuran peleknya, namun pada kecepatan tinggi kemudi menjadi lebih berat sehingga membuat mobil tetap stabil dan memberikan kepercayaan diri pengemudi.

Pada bagian sasis, Rexton mengandalkan model suspensi depan dan belakang independen dengan pegas.

Kini, sebagai pejabat pertahanan negara, MV3 Garuda memiliki bodi yang terbuat dari material armor komposit sehingga tahan peluru dan mampu menahan senjata berkaliber tinggi. Bola NATO 7,62 x 51mm dan kal. 5.56x45mm M193.

Selain itu, memiliki kaca antipeluru level B5/B6, serta ban berukuran 21 inci dengan ban “run flat” yang dapat dikendarai meski bocor.

Konon dengan banyaknya alat tersebut, tiba-tiba mobil menjadi berat. Namun bobot MV3 Garuda disebut-sebut 2,95 ton. Tampilannya masih sama dengan bobot kotor Rexton yang berbobot 2,9 ton atau 2.960 kilogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *