Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Wakapolri yang Ditunjuk Prabowo jadi Menteri

Titik Kumpul – Presiden Indonesia, Prabowo Subianto, telah menunjuk Wakil Komisaris Polisi, Komisaris Besar Polisi, Bapak Agus Andrianto, sebagai Menteri Inspeksi dan Permukiman.

Komjen Agus Andrianto menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal, namanya semakin tenar setelah kasus Ferdi Sambo, dan diangkat menjadi Kapolri.

Jenderal bintang tiga lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989 ini memiliki karier cemerlang, namun di balik kesuksesannya tersembunyi kekayaan Agus Andrianto.

Berdasarkan data LHKPN, Agus Andrianto terakhir kali melaporkan kekayaannya ke negara pada tahun 2016 yakni sebesar Rp 1,733 miliar. Dari jumlah tersebut, aset terbesarnya adalah tanah dan bangunan senilai Rp864 juta.

Sementara yang mengejutkan adalah properti atau koleksi mobilnya. Pasalnya, para petinggi Polri yang saat ini berada di kabinet Prabowo memiliki tiga mobil yang tidak tergolong mobil mewah atau produk khusus saja.

3 mobil saat itu adalah Toyota Vios tahun 2003 seharga Rp 110 juta, Nissan Grand Livina tahun 2012 seharga Rp 110 juta, dan Mitsubishi Pajero Sport termahal tahun 2011 yang dibelinya pada tahun 2015 ditaksir seharga Rp 250 juta.

Mitsubishi Pajero Sport memulai debut globalnya di Jepang pada tahun 1996, namun model pertamanya tidak dijual di Indonesia. Pajero Sport resmi memasuki pasar domestik pada tahun 2009 melalui Mitsubishi Motors.

Artinya sudah memasuki generasi kedua, SUV dengan struktur bodi membulat ini hadir bersaing dengan Toyota Fortuner. Mesin yang diperkenalkan pada saat itu adalah diesel 4D56 empat silinder DOHC 2500cc.

Mesin diesel common rail turbocharged dan intercooler mampu menghasilkan tenaga 136 bhp dan torsi puncak 324 Nm, dikawinkan dengan transmisi otomatis atau manual.

Berbagi platform yang sama dengan Mitsubishi Triton, mobil ini memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis roda empat atau dua.

Pada tahun 2011, seperti mobil milik Wakapolri, pabrikan memperkenalkan pembaruan dengan logo tiga berlian. Meski berstatus facelift, namun teknologi pada mesinnya diubah dengan memasang VGT (Variable Geometry Turbo).

Berkat teknologi barunya tersebut, Pajero Sport mengalami peningkatan tenaga hingga 178 hp dan torsi 350 Nm dengan mesin yang sama seperti model sebelumnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *