Apple Terus Pepet Samsung, Oppo dan Vivo Imbang

Titik Kumpul, Jakarta – Penjualan global ponsel pintar atau smartphone meningkat sebesar 2% pada kuartal ketiga tahun 2024 (Juli September) dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year), menurut laporan firma riset Counterpoint.

Hal ini menandai pertumbuhan pasar ponsel pintar selama empat kuartal berturut-turut, yang menunjukkan bahwa pasar ponsel pintar mulai pulih.

Pada kuartal ketiga tahun 2024, Samsung kembali memantapkan dirinya sebagai pemimpin pasar ponsel pintar global dengan pangsa 19%, disusul oleh Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Tarun Pathak, direktur riset Counterpoint Research, mengatakan Samsung mempertahankan posisi tersebut berkat permintaan yang terus berlanjut terhadap seri Galaxy A dan performa yang lebih baik dari seri Galaxy S24. Namun, ponsel lipat tersebut mendapat respons hangat.

Apple di posisi kedua menguasai 16% pasar. Pathak mengatakan Apple menjadi merek terbesar di dunia pada September lalu berkat peluncuran seri iPhone 16.

Meski penjualan iPhone 16 series datar, Apple finis di posisi kedua, ujarnya, Rabu, 23 Oktober 2024.

Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 14%. Raksasa teknologi Tiongkok ini melanjutkan pertumbuhan yang kuat, meningkat 8% dari tahun ke tahun. Xiaomi berada di peringkat kedua pada Agustus 2024.

Oppo dan Vivo muncul sebagai lima besar vendor smartphone global pada Q3 2024, dengan pangsa pasar sebesar 9%.

Meski menduduki peringkat terbawah, namun Vivo menjadi satu-satunya yang pertumbuhan penjualannya paling cepat dibandingkan empat vendor lainnya.

Vivo tumbuh 10% per tahun antara Juli dan September 2024. Pathak mengatakan selain lima besar terlaris, Counterpoint juga melihat pertumbuhan pesat dari merek lain.

Misalnya pertumbuhan Huawei dan Motorola dalam satu tahun hampir 30%. Motorola dan Google juga mencetak rekor penjualan ponsel triwulanan pada kuartal ketiga tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *