Berburu Bibit Unggul Pesepakbola Putri di Solo, 830 Siswi Ikuti MilkLife Soccer Challenge

Solo, Titik Kumpul – Turnamen sepak bola pelajar putri kelompok umur (KU) 10 dan KU 12 kembali digelar di Kota Solo. Antusiasme siswi untuk mengikuti turnamen bertajuk MikLife Soccer Challenge – Solo Series 2 2024 ini meningkat dua kali lipat sejak seri pertama digelar pada Juli 2024. Jumlah peserta turnamen ini sebanyak 830 siswi dari 76 Madrasah ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) di Solo Raya.

Turnamen Sepak Bola Pelajar KU 10 dan KU 12 dilaksanakan pada Rabu, 16 Oktober 2024 hingga Minggu, 20 Oktober 2024 di Lapangan Kota Barat Solo. Turnamen yang digagas MilkLife dan Bakti Djarum Foundation ini terbagi dalam 45 tim KU 12 dan 31 tim KU 10. Sedangkan 389 siswi dari 25 MI dan SD.

Teddy Tjahjono, Direktur Program MilkLife Soccer Challenge, mengatakan peningkatan jumlah peserta MilkLife Soccer Challenge – Solo 2 Series 2024 seiring dengan besarnya kecintaan masyarakat Solo Raya terhadap olahraga sepak bola. Hal ini tentu melegakan pihak penyelenggara, sehingga tujuan meningkatkan minat dan kenikmatan sepak bola dari awal dapat tercapai dengan sempurna.

“Jumlah peserta di Kota Solo meningkat 113 persen sehingga banyak mahasiswa baru yang mengikuti seri kedua ini. Keikutsertaan mereka memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menemukan talenta-talenta sepak bola wanita yang akan menjadi bagian masa depan sepak bola Indonesia. “Kami sangat optimis dengan konsistensi menyelenggarakan MilkLife Soccer Challenge akan lahir atlet-atlet berkualitas,” kata Teddy kepada wartawan, Sabtu, 19 Oktober 2024 di Lapangan West City, Solo.

Lebih lanjut ia menambahkan, minat dan semangat siswi serta dukungan pemangku kepentingan harus diakomodasi dalam penyelenggaraan turnamen yang berkelanjutan dan berlapis. Namun MilkLife Soccer Challenge dapat menjadi langkah awal bagi para pahlawan sepak bola muda untuk mengikuti jalur karier mereka dan menjadi pemain profesional.

“Yang masih dinantikan masyarakat dan pemangku kepentingan adalah turnamen tersebut. Dan jika kita berbicara tentang orientasi untuk menjadikan Indonesia pemimpin sepak bola wanita di masa depan, maka usia muda jelas menjadi sasaran utama dengan diluncurkannya MilkLife Soccer Challenge. Kami berharap para putri mampu meningkatkan minat dan bakatnya dalam menguasai bola di lapangan,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu insentif agar semakin banyak sekolah sepak bola (SSB) yang membuka kelas putri agar talenta-talenta yang bermunculan bisa semakin berkembang, sehingga visi tim sepak bola putri Indonesia untuk berjaya di pentas dunia segera terwujud. . terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Brand Manager MilkLife Adrian Tan merasa senang dengan tingginya animo yang ditunjukkan peserta turnamen sepak bola pelajar putri di Solo. Dikatakannya, siswi yang rutin berolahraga dan didukung asupan gizi yang baik kedepannya dapat melahirkan generasi yang cukup tangguh di masa depan.

“Solo Series 2 merupakan ajang ke-13 dalam rangkaian MilkLife Soccer Challenge 2024 yang akan diselenggarakan di 8 kota. Peningkatan pada seri 2 masih tinggi dan hal ini menandakan masyarakat semakin sadar akan pentingnya olah raga. Selain itu, sepak bola juga memberikan dampak sosial dan emosional yang positif. “Kami mendoakan semangat kompetitif dan keberanian mencetak gol,” kata Adrian.

Untuk meningkatkan kualitas peserta, aplikasi MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 2 menggunakan sistem turnamen 32 tim. Khusus KU 10, seluruh tim yang terdaftar akan langsung mengikuti pengundian utama 32 tim. Sedangkan untuk KU 12, 32 tim di babak utama akan terdiri dari 16 tim yang sudah lolos ke tahap penyisihan pada seri sebelumnya, 12 tim registrasi online tercepat, dan lima tim juara grup di tahap kualifikasi. , yang diikuti oleh 18 tim. Kami berharap sistem kompetisi ini dapat menampung sebanyak-banyaknya tim yang ingin mengikuti MilkLife Soccer Challenge.

Tidak hanya menyediakan platform untuk menunjukkan keahlian Anda di lapangan hijau, tetapi juga tim pencari bakat dikerahkan di setiap kota tempat MilkLife Soccer Challenge berlangsung, yang tugasnya memantau bakat para peserta. Tidak hanya penguasaan teknik dasar permainan sepak bola, evaluasi tim pencari bakat juga akan fokus pada atletis, sikap, keterampilan, percaya diri, kerja sama tim, konsistensi dan pantang menyerah.

Pelatih Asep Sunarya dari Tim Talent Scouting MilkLife Soccer Challenge mengatakan, antusiasme para siswi untuk mengikuti turnamen sepak bola putri ini sangat tinggi. Selain itu, dukungan sekolah terhadap penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 2 juga sangat kuat.

“Semua mendukung, baik kepala sekolah, para guru, dan banyak orang tua dari hari pertama sampai sekarang. Tentu saja (potensinya akan meningkat sedikit), semakin banyak peserta, semakin banyak anak yang bermain, potensi pasti akan datang.” Saya yakin Solo akan mendapat banyak potensi dari Solo ke depan,” ujarnya.

Peserta yang dipilih oleh tim pencari bakat akan berkesempatan untuk mengikuti MilkLife Soccer Extra Training, sebuah program pelatihan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar sepak bola dan akan dipimpin oleh Pelatih Kepala MilkLife Soccer Challenge Timo Scheunemann, seorang pelatih UEFA A. berlisensi di Jerman sejak tahun 2007. Setelah itu, para peserta yang menyelesaikan pelatihan ini akan membentuk tim yang akan bertanding di ajang MilkLife Challenge All-Stars KU 12 di Supersoccer Arena Kudus pada awal tahun 2025.

Salah satu peserta baru yang mengikuti MilkLife Soccer Challenge – Solo Series 2 2024 adalah Chivara Artha Pramuninditya yang memperkuat lini tengah tim KU 12 SDN Gayam 01 Sukoharjo. Meski hanya memiliki waktu persiapan yang singkat, Vara dkk mampu menunjukkan mentalitas kompetitif yang baik saat menghadapi lawannya.

Berkat kepiawaiannya mengelola bola di lapangan hijau, Vara yang tergabung dalam Sekolah Sepakbola Samba Persada (SSB) pun sempat dilirik Pengurus Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI). Vara dan MilkLife Soccer Challenge – Jebolan Solo Series 1 2024 Adinda Resti Widayati masuk dalam skuad Indonesia untuk bermain di U12 Universal Youth Cup di China pada Agustus lalu.

Vara mengaku kaget dengan antusias peserta dan suporter yang memenuhi Lapangan Kota Barat saat pertandingan berlangsung. “Saya sangat menyukai sepak bola dan saya bermimpi menjadi bagian dari timnas wanita Indonesia. Sekarang di MilkLife Soccer Challenge banyak teman-teman yang senang sekali bermain sepak bola. “Saya kaget karena lawannya banyak, tapi ini malah menambah semangat kami,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *