Ini Kapal Perang TNI AL yang Disiapkan untuk Latihan Tempur Bersama Russian Navy di Indonesia

JAKARTA, Titik Kumpul – Komando Angkatan Laut Indonesia (Koarmada II) Surabaya II akan melakukan latihan militer bersama TNI Angkatan Laut Rusia pada awal November 2024. 

Latihan di perairan Indonesia rencananya akan berlangsung pada 4 hingga 8 November 2024.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana TNI I Made Wira Hadi Arsanta mengatakan, TNI Angkatan Laut Koarmada II akan menggunakan alutsista tingkat pertama dalam latihan bilateral kedua negara sahabat bertajuk Oruda 2024.

“KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Frans Kaisiepo-368, dan Helikopter AS 565 MBE Alutsista yang dioperasikan TNI Angkatan Laut untuk keperluan latihan militer Oruda tahun 2024,” kata Kadispenal Laksamana Wiradi I Masandeta. Pada Rabu, 23 Oktober 2024, Titik Kumpul Army mendapat keterangan resmi.

Sementara itu, menyusul kapal Kadispenal, Angkatan Laut Rusia akan menggunakan alutsista yang meliputi 3 kapal perang kelas Corvette RF Soversheny, RF Gromky dan RF Aldar Tsydenzhapov, serta kapal tanker medium oil, helikopter KA-27, dan pesawat penyelamat.

Dikatakannya, Latihan gabungan ini merupakan Latihan Operasional Angkatan Darat (OMP) dan terbagi dalam 2 tahap, Kapal dan jarak laut.

Ditambahkannya, latihan gabungan Oruda 2024 (Latma) merupakan agenda bilateral antara TNI Angkatan Laut dengan TNI Angkatan Laut Rusia, dan latihan ini merupakan latihan gabungan pertama antara TNI Angkatan Laut dengan TNI Angkatan Laut Rusia. 

Latma Orruda 2024 merupakan hasil kesepakatan antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Rusia pada Konferensi Perundingan Angkatan Laut-Angkatan Laut (NTNT) pertama tahun 2018. Nama Oruda merupakan gabungan dari simbol nasional kedua negara, Oral (Elang Rusia ) dan Garuda (Indonesia).

Pada kesempatan tersebut, Jenderal TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali berpesan kepada TNI Angkatan Laut agar selalu rajin dalam menjalankan segala tugas yang diberikan, dan mempersiapkan diri secara matang dalam latihan bersama. Dengan negara sahabat, semuanya berjalan sesuai rencana. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *