Nggak Bisa Stir Mobil, Tapi Jenderal Bintang 1 Ini Jago Terbangkan Jet Tempur F-16

JAKARTA, Titik Kumpul – Staf Khusus Kepala Staf Udara (KSAU) Marsekal Pertama (Marsama) TNI, Wastum berbagi cerita masa lalunya yang sulit diketahui publik.

Kisah tersebut dibagikan Westum melalui YouTube Jenderal Andika Peraksa saat menjabat Panglima Komando Sektor III Koopsud III pada 7 Juli 2022.

Jenderal bintang satu asal Dusun Ujungbang, Susukan, Sirbon, Jawa Barat ini mengatakan, sebagai anak seorang petani, ia tidak pernah menyangka bisa menerbangkan jet tempur, itupun ia tidak bisa mengendarai mobil.

“Waktu itu saya belum bisa menyetir mobil, jadi guru saya Pak Tatang Harliansia bilang ke saya, ‘Wastum, kamu nyetir ya? Izin Guru, lebih baik jadi teman saya,’ Tidak, saya tidak. t.Mau, ‘Izin Guru, Aman ya gan.”Kasih izin, saya tidak bisa mengemudi, makanya saya ingin kamu mengemudi,” kata Marsma Westum mengenang perbincangannya dengan Wakil Marsekal TNI (Purn) Tetang Harliansia, seperti terlihat pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Marsma Westum tampak sangat bahagia mengingat momen itu. Senyum lebarnya menunjukkan kedekatan dirinya dengan Marsekal TNI (Purn) Tetang Harliansia.

Atas instruksi atasannya, Marsma Westum akhirnya mencoba mengemudikan mobil tersebut. Karena belum terbiasa, ia melakukan kesalahan hingga menyebabkan mobilnya sedikit terguling.

“Waktu itu mobil masih berdiri, saya tanya ke teman saya di rental bagaimana caranya, katanya ‘hanya R’ (tuas persneling di posisi R) saat itu mobil pakai kopling. Percuma saja !” katanya bercanda.

Saat pertama kali mencoba mengemudi, Westum mengaku banyak kesulitan. Ia baru bisa terbang setelah menguasai General Dynamics F-16 Fighting Falcon untuk TNI AU.

“Saya belajar mengemudi setelah saya memiliki kemampuan menerbangkan F-16,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *