Ada yang Baru dari BPKB Kendaraan di Indonesia

JAKARTA, Titik Kumpul – Komando Lalu Lintas Polri mulai menerapkan Buku Pemilik Kendaraan Elektronik (BPKB) di banyak daerah melalui Bagian Registrasi dan Identifikasi.

Wakil Direktur Utama Kombes Pol Sumardji Bidang BPKB Ditregidd mengumumkan pelaksanaan proyek tersebut pada acara pembukaan pelatihan dan sertifikasi BPKB di Jakarta baru-baru ini.

Program pelatihan yang diikuti oleh 86 anggota polisi setempat dari seluruh Indonesia, guna meningkatkan kapasitas dalam proses STNK.

Titik Kumpul Otomotif dikutip dari situs Korlantas Polri, Kamis “Sertifikasi dan kualifikasi ini kami buka untuk meningkatkan kapasitas anggota di bidang registrasi khususnya BPKB. 24 Oktober 2024.

Di era digital, Polri mulai mendigitalkan proses pemeriksaan fisik. Sistem manual yang dahulu menggunakan metode gesekan telah digantikan oleh teknologi digital yang memungkinkan pengerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Jadi prosesnya cukup mudah, yang tadinya harus menggesek, sekarang harus memotret dengan menggunakan alat khusus. “Hasilnya terhubung langsung dengan sistem ERI (registrasi dan identifikasi elektronik)”, jelasnya.

Penerapan BPKB elektronik dimulai di Polda Metro Jaya dan Polda Sumut. Proyek ini akan dikembangkan di seluruh Indonesia.

Tahun ini BPKB arsip digital dan elektronik mulai diterapkan di Polda Metro dan Polda Sumut, kata Sumardji.

Dengan tindakan ini, Polri berharap dapat meningkatkan kecepatan dan transparansi pelayanan STNK di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *