Komparasi Harga dan Kemampuan All New Santa Fe Hybrid vs Honda CR-V e:HEV

Titik Kumpul – New Hyundai Santa Fe Hybrid telah diluncurkan di Indonesia sebagai pesaing Honda CR-V e;HEV (Hybrid Electric Vehicle). Mengingat CR-V Hybrid akhir-akhir ini bermain sendiri di kelasnya, tanpa saingan serupa.

Ketersediaan Hyundai Santa Fe Hybrid generasi terbaru menambah peta persaingan SUV D-Class sehingga memberikan pilihan lebih banyak kepada konsumen. Lalu bagaimana dengan harga kedua mobil ramah lingkungan ini?

Santa Fe Hybrid baru hadir dalam dua varian yakni Rp 786,3 miliar untuk Prime dan Rp 896,6 miliar untuk Kaligrafi. Saat ini CR-V e:HEV hanya tersedia dalam satu varian dengan harga Rp 814,4 miliar on the road Jakarta.

Sedangkan untuk powertrainnya, Santa Fe mengadopsi mesin bensin empat silinder Samrtstream 1.600cc turbocharged yang dipadukan dengan motor listrik hybrid dan baterai untuk membantu menggerakkan roda.

Motor listrik hybrid Sante Fe memiliki tenaga sebesar 44,2 kW atau 60 HP dan torsi 264 Nm. Sementara tenaga maksimal mesin pembakarannya 178 hp dan torsi maksimal 195 Nm.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan, artinya sistem hybrid SUV ini bersifat paralel, menggerakkan roda secara otomatis bergantian atau menggunakan tenaga listrik penuh pada kondisi tertentu.

Untuk memberikan pengalaman berkendara berbeda, mobil rakitan lokal ini memiliki 3 mode berkendara: Eco, Normal, dan Sport.

Sementara CR-V e;HEV mengandalkan mesin bensin empat silinder 2.000cc DOHC yang berbeda dari generasi sebelumnya, dipadukan dua motor listrik sebagai penggerak roda dan baterai 1,06kWh.

Saat mobil melaju tanpa bantuan mesin bensin, torsi yang dihasilkan mencapai 335 Nm, dan saat berhenti dapat berjalan sepenuhnya dengan tenaga listrik pada kecepatan tertentu sesuai kapasitas mesin.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui E-CVT atau Continuously Variable Electric dan terdapat 3 mode berkendara yakni Normal, Eco dan Sport. Selain itu, terdapat sistem dayung untuk mengatur pengereman regeneratif saat deselerasi.

Kesimpulannya, Honda CR-V Hybrid lebih bertenaga dibandingkan All New Santa Fe dalam hal detak jantung dan SUV andalan Hyundai ini lebih mahal meski rakitan lokal, sedangkan CR-V tetap CBU. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *