Hati-hati Dermatitis Atopik Bisa Jadi Indikasi Awal Anak Menderita Asma

Jakarta, Titik Kumpul – Banyak orang tua yang khawatir bayinya menderita dermatitis atopik, apalagi jika mereka sendiri juga menderita dermatitis atopik karena penyakit kulit ini bisa disebabkan oleh orang tuanya. Bila seseorang memiliki gen dermatitis atopik, penyakitnya bisa menjadi aktif bila dipicu oleh alergi atau faktor lingkungan.

DERMATITIS ATOPIK atau biasa dikenal dengan Eksim / Eksim adalah suatu kondisi kulit kronis yang ditandai dengan kulit kering, skam, merah dan gatal. Kondisi ini seringkali bersifat genetik dan bisa terjadi kapan saja. Gejala yang paling umum adalah munculnya ruam merah yang sangat gatal, terutama pada batang kulit seperti siku, lutut, dan tangan. Rasa gatal yang hebat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan kerusakan kulit akibat garukan.

Diperkirakan 15-20 persen anak-anak menderita dermatitis atopik, meski gejalanya biasanya meningkat di usia dewasa seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh, namun kemungkinan kambuh bisa saja terjadi, terutama bila dipicu oleh faktor lingkungan. Angka kejadian ini meningkat tiga kali lipat dalam beberapa dekade terakhir, terutama di negara-negara industri. Rasio anak perempuan dan anak laki-laki yang menderita dermatitis atopik adalah 14:1, dimana 85 persen anak laki-laki menderita dermatitis atopik sebelum usia lima tahun. Dermatitis atopik paling sering terjadi pada anak-anak, dengan 45 persen mengalami gejala awal dermatitis atopik dalam enam bulan pertama setelah kelahiran, 60 persen dalam satu tahun, dan 85 persen dalam lima tahun.

Dermatitis atopik dianggap sebagai tahap awal ‘atopik March’. ATOPIC March atau biasa juga disebut dengan March alergi merupakan tahap perkembangan dari dermatitis atopik yang dimulai pada masa kanak-kanak dan dapat berkembang menjadi kelainan alergi lainnya di kemudian hari. Terjadinya dermatitis atopik pada anak sering dijadikan indikasi berkembangnya asma dan/atau rinitis alergi pada anak yang lebih besar. Keluarga (orang tua dan anak) yang menderita dermatitis atopik, memiliki solusinya dapat sangat membantu seluruh keluarga

Salah satu penyebab terjadinya dermatitis atopik adalah kurangnya lapisan lemak pada kulit bagian luar dan kondisi kulit yang lain pada lapisan pelindungnya, sehingga alergen dapat menembus celah-celah kulit dan memicu timbulnya rasa gatal, kemerahan, dan peradangan. 

Indira Natalis, Brand Manager Mustela Indonesia Menjelaskan: “melalui Penelitian yang Dilakukan Mustela, ditemukan bahwa penderita dermatitis atopik memiliki Bakteri Staphylococcus Aureus dalam jumlah besar di kulitnya.” Bakteri ini tidak hanya menyebabkan infeksi, tetapi juga memicu respon imun yang memicu gejalanya kambuh. “

Indira juga disebut-sebut memiliki bakteri baik yang ternyata mampu membunuh bakteri berbahaya pada kulit dan membantu mengatasi kondisi tersebut. Idealnya, bakteri baik ini harus terus menopang asupan makanan (yang disebut prebiotik), agar bisa berkembang biak dengan baik, sehingga jumlahnya cukup untuk kulit.

Menyambut bulan Kesadaran ECZEMA yang jatuh pada bulan Oktober, Mustela, brand perawatan seluruh keluarga yang berpengalaman lebih dari 70 tahun, memperkenalkan inovasi terkini, perawatan kulit untuk kulit atopik, kesehatan kulit yang tinggi Luar dan Dalam. 

Produk ini mewakili era baru dalam perawatan kulit atopik, menggabungkan teknologi terkini dengan pendekatan holistik terhadap kesehatan kulit. Dan keunggulannya adalah triple lipid utuh yang unik yaitu Shea butter, minyak alpukat dan sulingan minyak bunga matahari, kini dipadukan dengan bioecolia untuk menjaga mikroflora kulit. 

Kombinasi ini bekerja secara sinergis untuk memenuhi kebutuhan kompleks kulit atopik. Shea butter dan minyak alpukat dengan cepat dan intensif menutrisi kelembapan lapisan luar kulit, mendukung fungsi pelindung alami kulit, serta membantu mengurangi kekeringan dan rasa tidak nyaman. Jika sheasmør dan Avocadoolie bekerja untuk memperbaiki kelambatan hari Anda, maka Anda akan mendapatkan hasil solsikkeoliedestillat pada kelambatan Anda saat ini karena diferensiasi keratinosit dan epidermis yang berlebihan dan regenerasi yang cepat dan sangat buruk.  Bioecolia sendiri merupakan terobosan bahan prebiotik yang efektif menjaga mikroflora kulit dengan menjaga keseimbangan ekosistem dan mengurangi penyebaran bakteri berbahaya seperti Staphylococcus serta mengurangi peradangan. 

Terbentuk melalui pemahaman mendalam akan kebutuhan kulit atopik. Dengan merawat kulit baik secara eksternal maupun internal serta menjaga keseimbangan mikroflora kulit, produk ini memberikan 3 manfaat utama. Manfaat pertama adalah perawatan komprehensif yang mengungguli pelembab lainnya melalui pendekatan holistik, bahan-bahan unggulan bekerja memulihkan berbagai lapisan kulit dan menjaga pelindung alami kulit. Keunggulan lainnya adalah bahan-bahannya yang inovatif, tentu saja triple whole lipids dan bioecos, yang terbukti secara ilmiah mendukung kesehatan dan elastisitas kulit. Keunggulan ketiga adalah dokumentasi klinis, dimana seluruh produk Mustela didukung oleh uji coba dan penelitian yang ketat oleh Mustela untuk efektivitas dan keamanan dalam pengobatan penyakit kulit atopik. 

Studi klinis pada 60 anak penderita eksim sedang hingga berat menunjukkan bahwa penggunaan Mustela Stelatopia+ selama 8 minggu mampu mengurangi peradangan eksim hingga 40 persen dan meningkatkan hidrasi kulit hingga 25 persen. Penelitian In Vitro menunjukkan bahwa Bioecolia dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit dan meningkatkan produksi zat antimikroba alami untuk membantu melawan infeksi. 

“Masyarakat sebagai ahli perawatan kulit bayi sebagai salah satu produk unggulan yang didistribusikan dan dipasarkan di Indonesia oleh Pt. Interbat terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan keluarga modern. Untuk merayakannya di News of the Month, Mustela Stelatopia+ hadir untuk memberikan perawatan profesional dengan solusi efektif dan alami untuk mengelola kondisi dermatitis atopik. “Melalui perawatan kulit holistik dengan bahan-bahan inovatif yang efektif secara klinis dan aman untuk produk perawatan pelembab lainnya,” jelas Nurhadi, Pt Head of Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *