Bawaslu Lampung Respons Video Cabup Mesuji yang Janjikan Syafaat dan Surga ke Pemilihnya

Mesuji, Titik Kumpul – Calon Bupati (Kabup) Mesuji, Lampung, Elfiana Kamami menjadi sorotan usai angkat bicara soal menjual agama saat kampanye viral di media sosial.

Dalam video yang dibagikan akun Tik Tok @daniel.soerojo, di hadapan puluhan warga, Bupati nomor urut dua berpasangan dengan Uji Wikakson mengatakan, mereka yang memilih akan mendapat syafaat Nabi dan jaminan. Masuk surga.

“Insya Allah Bu, besok orang akan dihitung lagi di dunia lain, tapi kita dipanggil untuk mendapat syafaat dari Rasulullah.” , program nomor dua yang menyantuni anak yatim, Ikutlah Aku “Surga menyertaiku,” kata Elfiana pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Saat dikonfirmasi, Bawaslu Messuji, Ketua Direktorat Tindak Pidana dan Penyelesaian Sengketa Provinsi Lampung Robbie Ruyuda mengatakan, benar wanita dalam video tersebut adalah Elfiana.

Saat ini Bawaslu Messuji mengaku tengah mendalami apakah pernyataan tersebut merupakan kampanye resmi atau tidak.

“Kami belum bisa memastikan apakah video tersebut terkait dengan kegiatan kampanye resmi atau hanya di rumah saja. Kami menunggu konfirmasi lebih lanjut dari tim terkait,” kata Robi seperti dikutip Titik Kumpul Lampung.

Robi mengatakan, belum ada laporan resmi yang disampaikan ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Elfiah. Meski demikian, pihaknya akan terus menindaklanjuti dan menyelidiki masalah ini.

“Jika kami mendapat laporan resmi, kami akan melakukan penyelidikan awal untuk memastikan bahwa kejadian tersebut melibatkan unsur pelanggaran pemilu negara bagian,” ujarnya.

Robi menegaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan pakar linguistik untuk menganalisis pernyataan Elfianaha di video viral tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah deklarasi tersebut dilanggar atau tidak.

“Pelanggaran yang bisa kita tindak ada dua jenis, yaitu temuan langsung atau laporan masyarakat. Dalam hal ini, kita bisa menindaklanjutinya berdasarkan temuan pemantauan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *