Toyota Indonesia Gandeng Generasi Muda Wujudkan Teknologi Hijau

Jakarta, Titik Kumpul – Toyota Indonesia, dalam rangka merayakan 50 tahun perjalanannya di Indonesia dan mempersiapkan 50 tahun ke depan, meluncurkan serangkaian seminar nasional bertajuk “100 Tahun Industri Otomotif Indonesia, Mencapai Net Zero Emissions di Indonesia”.

Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan lain-lain.

Rangkaian seminar ini dimulai pada bulan Mei 2022 dan akan berlangsung hingga Oktober 2024. Seminar ini bertujuan untuk mendukung rencana pemerintah menuju tujuan “Indonesia Bebas Daun” pada tahun 2060.

Dikutip Titik Kumpul Otomotif dari keterangan resmi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN, Rabu 23 Oktober 2024 Toyota tidak hanya fokus pada elektrifikasi, tetapi juga menjajaki teknologi ramah lingkungan lainnya seperti biofuel dan hidrogen.

Seminar ini melibatkan kolaborasi tiga elemen penting, yaitu. pemerintah, akademisi dan industri otomotif, yang dikenal dengan pendekatan “Triple Helix”. Siswa akan menjadi pemain penting dalam transisi menuju energi bersih dengan mengembangkan keterampilan mereka di bidang teknologi ramah lingkungan.

Toyota Indonesia juga telah memperkenalkan berbagai teknologi kendaraan rendah emisi, mulai dari low cost green car (LCGC), hybrid, hingga kendaraan berbasis hidrogen seperti Toyota Mirai.

Dengan inovasi tersebut, Toyota tidak hanya fokus pada teknologi, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mendukung perekonomian lokal melalui pengembangan rantai pasok dan industri kecil menengah (SKM).

Melalui upaya tersebut, Toyota berharap dapat menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi dan ekspor kendaraan listrik serta berperan penting dalam menciptakan ekosistem kendaraan rendah emisi.

Bagi generasi muda, ini adalah kesempatan besar untuk terlibat langsung dalam gerakan menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *