Bunuh Pacar Hingga Tewas Hakim Dibayar, Sejatir apa Ayah Ronald Tannur?

Titik Kumpul – Kejaksaan Agung menetapkan tiga hakim sebagai tersangka kasus suap Ronald Tanneur. Edward Tanur, putra seorang anggota DPR RI lolos dari hukuman karena membunuh pacarnya.

Seperti diketahui, Gregorius Ronald Tanur membunuh pacarnya Dini Sera Afriyanti saat ditabrak mobil Toyota Fortuner di basement sebuah tempat karaoke di Surabaya, Jawa Timur.

Sang ayah bisa dituntut jika terbukti membantu kasus suap setelah Kejaksaan Agung menangkap tiga hakim Pengadilan Negeri Surabaya.

“Jika kami menemukan cukup bukti bahwa uang itu berasal dari Ronald Tanour atau keluarganya, kami akan menetapkan dia sebagai tersangka,” kata Kepala Penyidik ​​​​Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Abdul Kohar.

Wajar jika muncul rasa penasaran sebagai ayah kaya Ronald Tanur, DPR RI pro PKB asal Nusa Tenggara Timur?

Mengutip data LHKPN, harta kekayaan Edward Tanur pada tahun anggaran yang berakhir Maret 2023 berjumlah Rp 11.143 juta, meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Aset terbesarnya adalah real estate senilai Rp 8,96 miliar.

Melihat ke tempat parkirnya cukup mengejutkan karena tidak hanya ada satu mobil penumpang, tetapi juga banyak kendaraan niaga, sepeda motor, dan alat berat, dengan total harga yang dibanderol Rp 1,462 miliar.

Edward yang tak hanya menjadi anggota DPR, juga memiliki alat berat berupa dua unit ekskavator, satu unit ekskavator Caterpillar tahun 2003 senilai Rp 500 juta, dan satu unit ekskavator Kobelco tahun 1996 senilai hingga Rp 300 juta yang juga diduga merupakan seorang pengusaha. .

Tak hanya itu, ada juga mobil ringan Hino tahun 2012 seharga Rp 120 juta, truk Mitsubishi tahun 1991 seharga Rp 50 juta, dua buah rumah Toyota Hilux tahun 2010 seharga Rp 250 juta yang diperkirakan tahun 1996. Ada juga truk dan sejenisnya. seperti mobil Isuzu Panther. Untuk 25 juta rupiah.

Sejauh ini, mobil penumpang yang ada hanyalah Honda HR-V Type 1.5 E CVT tahun 2015 seharga Rp 200 juta dan motor Honda Supra X tahun 2003 seharga Rp 5 juta.

Jika dilihat sekilas untuk mobil pribadi, HR-V pertama kali muncul di Indonesia oleh PT Honda Prospect Motor pada tahun 2014, dan merupakan generasi kedua yang mendunia, dimana di pasar Jepang disebut Vezel.

SUV lima tempat duduk ini menarik perhatian lokal saat pertama kali muncul. Berukuran panjang 4.295 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.605 mm, dan panjang poros 2.610 mm, serta dibangun di atas platform yang sama dengan Honda Jazz.

Mesinnya adalah mesin bensin SOHC i-VTEC 4 silinder 1.500cc untuk model kelas menengah dan bawah, dan mesin 1.800cc untuk model kelas atas. HR-V mendapat beberapa penyempurnaan, dan generasi baru akhirnya hadir pada tahun 2022.

Berdasarkan data LHKPN, ayah Ronald Tanur lebih kaya dibandingkan tiga hakim penerima suap, yakni Erintua Damanik, Heru Haninjo, dan Mangapur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *