Jika Tidak Mau Celaka saat Musim Hujan Motor Jangan Pakai Aksesoris Ini

Titik Kumpul – Belakangan ini hujan turun di sebagian wilayah Jabuditabek, situasi yang tentunya meresahkan para pengendara. Apalagi bagi orang yang berganti mobil.

Beberapa operator mobil ingin tampil berbeda, yaitu berubah dengan terhubung ke pasar. Namun, jangan menyalahgunakan hal-hal penting saat hujan seperti ini.

Berdasarkan keterangan resmi PT Vahana Makmur Sejati selaku jaringan diler sepeda motor Honda, sepeda motor yang aman digunakan di musim hujan tersebut masih dalam kondisi normal di pabriknya, dan belum dilakukan modifikasi

Instruktur Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati, Muhammad Adi mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi kendala bagi pengguna sepeda motor saat musim hujan. Salah satunya adalah kaca, yang tidak disebutkan jika ukurannya berubah dari standar pabrikan.

Kaca spion yang kecil misalnya, tentu menyulitkan pengemudi untuk melihat apa yang ada di belakangnya atau pengemudi lain, ujarnya.

Menggunakan ban dengan ukuran yang salah selain kaca bahkan lebih berbahaya. Dijelaskannya, seseorang tidak boleh melakukan pekerjaan sendirian mengganti ban yang ukurannya lebih kecil dari biasanya karena dapat menyebabkan ban selip.

Disarankan untuk mengganti ban sesuai spesifikasi pabrikan atau menggunakan ban yang berukuran lebih kecil. Oleh karena itu, tapaknya dibuat lebar, untuk mengontrol selip saat melaju di jalan basah.

Perhatikan juga desain atau aliran dindingnya. Selain itu, salah satu hal yang tidak boleh digunakan saat hujan adalah mengganti lampu utama. Menurut mereka, lampu utama dan lampu putih kurang bagus saat hujan.

“Lampu putih tidak menerangi jalan dan pengemudi lain, perlu lebih memperhatikan membaca kondisi jalan. Berkendara itu soal keselamatan.

Dijelaskan juga bahwa kendaraan yang sebelumnya menggunakan lampu bohlam berwarna kuning atau LED, bisa berbahaya bagi orang lain jika diganti dengan lampu jenis HID, karena cahaya yang dipancarkannya dapat membutakan mata.

Tak hanya ban, lampu, dan kaca spion, masih banyak lagi barang atau barang aftermarket lainnya yang bisa berbahaya jika digunakan atau tidak saat hujan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *