Lebih dari Sekadar Olahraga, Futsal Ternyata Bisa Bantu Atasi Trauma Masa Kecil Anak

JAKARTA, Titik Kumpul – Futsal lebih dari sekedar permainan untuk anak-anak. Olahraga ini menjadi media untuk membangun rasa percaya diri dan membantu mengatasi trauma masa kecil. 

Selain itu, futsal mempunyai banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Olahraga ini tidak hanya menyenangkan, namun juga memberikan banyak manfaat baik secara fisik maupun mental. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

Jefry Robert Dianto, pelatih Imago Dei Jakarta, bahkan menilai olahraga ini sebagai salah satu cara untuk melindungi anak dari ancaman kekerasan seksual. 

“Anak-anak perempuan di sini (kolong Tol Penjaringan binaan Yayasan Imago Dei) punya potensi luar biasa dalam bidang futsal. Dalam keterangannya yang dikutip Kamis 24 Oktober 2024, Jefry mengatakan “dengan dukungan yang tepat, mereka bisa membangun hobinya, membangun kepercayaan diri, dan meraih kesuksesan.”

Bagi pikiran anak-anak, futsal sendiri dapat melatih mereka dalam bekerja sama, meningkatkan kedisiplinan, mengajarkan sportivitas dan mengajarkan keterampilan mengambil keputusan.

Sementara bagi anak-anak, olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot serta koordinasi dan keseimbangan, mencegah obesitas, dan meningkatkan pertumbuhan tulang. 

Berbicara tentang futsal, Yayasan Kampus Modern Diakoneia (KDM) dan kampanye yang didukung oleh Better World Foundation mengerahkan ribuan orang untuk mendukung aksi tersebut melalui kampanye sosial #DonasiJamMain dalam aplikasi kampanye #ForABetterWorld. 

Yayasan Citra Insan Sejati (Imago Dei), Swara Peduli Pride dan Sekolah Kami Bintara membuka donasi total sebesar Rp 15 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk penyediaan peralatan olah raga seperti sepatu sepak bola, seragam sekolah, bola dan mainan kepada anak-anak kurang mampu di Jabodetabek.

“Bermain futsal tidak hanya melatih kemampuan fisik, tetapi juga membantu anak-anak ini mengembangkan rasa percaya diri yang seringkali kurang di lingkungan keluarga mereka”, Nanda Wulanddari, Bintara sekolah kami.

Begitu pula dengan Swara Peduli Pride yang rutin menyelenggarakan futsal untuk anak-anak usia 8-17 tahun di Duren Sawit, Jakarta Timur, akan menggunakan donasi tersebut untuk menyediakan seragam lomba dan sepatu futsal untuk 50-60 anak yang mereka dukung. 

“Antusiasme anak-anak sangat tinggi, namun seringkali terhambat oleh fasilitas yang kurang memadai. “Kami berharap dukungan ini dapat memberikan mereka kesempatan untuk berlatih dengan peralatan yang tepat”, ujar Ishla Aura Putri, Bendahara Swara Peduli Pride.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *