Balinale Resmi Terakreditasi Oscar, Ini Arti Pentingnya Bagi Sineas Lokal

Jakarta, Titik Kumpul – Balinale (Festival Film Internasional Bali) diakui sebagai “Academy Award Qualifying Festival”. kesempatan untuk dipertimbangkan dalam ajang Oscar bergengsi dalam kategori Film Pendek Terbaik, dimulai dari Academy Awards ke-98.

“Ini merupakan suatu kehormatan besar bagi Balinale dan festival film di Indonesia,” kata Deborah Gabinetti, Direktur Balinale Festival dalam keterangannya. Scroll terus ya?

“Kami berbahagia mendapat pengakuan dari pihak Academy. Pengakuan ini merupakan bentuk pengakuan atas segala prestasi yang diraih Balinale selama ini dan komitmen kami kedepannya. Berkembang untuk menampilkan kisah-kisah berbeda dari Indonesia dan dunia,” lanjutnya. .

Menurut Gabinetti, pengalaman ini juga akan memberikan peluang bagi para sineas untuk mendapatkan eksposur internasional, membuka peluang baru dan meningkatkan apresiasi masyarakat.

Sejak awal berdirinya, Balinale telah menyuguhkan beragam film, antara lain film dokumenter, film pendek, dokumenter, dan karya eksperimental. Setiap tahun, festival ini menerima kiriman dari para pembuat film di seluruh dunia dan memilih sekitar 60 hingga 80 film untuk diputar, yang mencerminkan keragaman budaya dan kualitas sinema.

Pencapaian Balinale meraih status layak Oscar merupakan hasil kerja keras tim, serta dukungan para penasihat profesional di industri film internasional yang bertugas sebagai penasihat panitia festival.

Gabinetti mengatakan kolaborasi yang dibangun Balinale dengan organisasi bisnis internasional sangat penting untuk pencapaian ini. Mitra dan organisasi, seperti Asian Film Awards Academy, Motion Picture Association, American Film Showcase, Sundance Institute Film Forward, dan Hong Kong International Film Festival, telah berkontribusi pada program seni dan pendidikan Bali.

“Untuk memperluas kemampuan kami, Balinale akan terus membangun kemitraan dan kolaborasi dengan perusahaan dan organisasi serupa untuk menjadikan Bali sebagai pusat budaya lokal dan dunia,” kata Gabinetti.

Balinale juga mengundang nama-nama besar di dunia perfilman, termasuk sutradara dan produser pemenang penghargaan seperti Roland Joffé, Michael Rowe, Jan Chapman, Garin Nugroho, Davina Belling, Stan Wlodkowski, Lee Chang-dong, dan Stanley. Kwan. Pencapaian angka tersebut merupakan wujud komitmen Balinale untuk menjadikan festival ini sebagai ajang yang tidak hanya mempromosikan film-film bagus, namun juga menciptakan dialog budaya antar sineas lokal dan internasional.

Tanggal 18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *