8 Manfaat Slow Walking untuk Kesehatan, Bisakah Menurunkan Berat Badan?

Jakarta, Titik Kumpul – Jika Anda sedang mencari cara sederhana untuk tetap sehat tanpa olahraga berat, jalan cepat mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Jalan kaki gratis tidak hanya mudah, tetapi juga memiliki banyak manfaat. 

Meskipun banyak orang mungkin berpikir bahwa olahraga dengan intensitas tinggi diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebenarnya ada beberapa manfaat jalan lambat yang tidak boleh diabaikan. Meski terdengar sederhana, berjalan-jalan dapat memberikan efek positif pada tubuh dan pikiran Anda. Scroll terus untuk informasi lebih lanjut!

Ya, menurut Mayo Clinic, jalan cepat punya banyak manfaat. Mulai dari kesehatan jantung hingga kebugaran. Mari kita telusuri manfaat utama jalan jauh dan 8 manfaat jalan jauh bagi kesehatan! 

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Meski tidak seintens olahraga lainnya, jalan lambat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Inilah yang membantu menguatkan hati.

2. Mengurangi stres

Berjalan-jalan jauh di lingkungan yang tenang, seperti taman atau di sekitar rumah, dapat membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

3. Memperbaiki kondisi fisik

Dengan berjalan perlahan, Anda dapat memperhatikan dan memperbaiki postur tubuh Anda, sehingga mencegah sakit punggung dan masalah postur lainnya.

4. Meningkatkan fleksibilitas

Gerakan berulang saat berjalan jauh membantu meregangkan otot dan meningkatkan kelenturan tubuh.

5. Mengurangi risiko cedera

Berjalan lambat dan berintensitas rendah merupakan aktivitas dengan tingkat cedera rendah yang cocok untuk segala usia.

6. Meningkatkan kreativitas

Jalan-jalan meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kreativitas. Apalagi jika Anda melakukannya di lingkungan yang santai.

7. Menjaga berat badan

Meski tidak membakar kalori sebanyak olahraga berat, jalan cepat dapat membantu menjaga berat badan dengan membakar kalori secara perlahan dan terus-menerus.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Terakhir, meningkatkan kualitas tidur. Sebab, olahraga ringan seperti jalan lambat dapat menenangkan sistem saraf.

Inilah segudang manfaat jalan lambat atau slow running. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *