Ribuan Siswa SMA Serbu Booth UI saat Pameran Pendidikan di Timor Leste

Depok, Titik Kumpul – Ribuan pelajar SMA dan mahasiswa Timor Timur berbondong-bondong menghadiri Pameran Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pusat Kebudayaan Indonesia di Dili, Timor Timur, pada 24-26 Oktober 2024. Di antara pesertanya adalah Universitas Indonesia ( UI). dalam acara ini. Keikutsertaan UI dalam pameran ini bertujuan untuk membuka peluang bagi mahasiswa internasional khususnya dari Timor Leste untuk melanjutkan studi di salah satu universitas ternama di Indonesia.

Pameran ini menarik lebih dari 5.485 pengunjung, termasuk pelajar SMA dan mahasiswa yang ingin belajar tentang pendidikan di Indonesia. Mereka berkesempatan untuk mempelajari rincian kurikulum UI dan melakukan penelitian langsung mengenai prosedur pendaftaran, jalur penerimaan dan berbagai peluang akademik yang tersedia.

Amelita Lusia, Direktur Kantor Urusan Publik dan Keterbukaan Informasi (KIP) UI, mengatakan animo pengunjung terhadap program UI selama tiga hari pameran tersebut cukup tinggi. Keikutsertaan UI dalam pameran ini bertujuan untuk membuka peluang bagi mahasiswa internasional khususnya dari Timor Leste untuk melanjutkan studi di salah satu universitas ternama di Indonesia.

“Bagi mahasiswa asing, seleksi mahasiswa baru dilakukan setiap awal tahun. “Seleksinya didasarkan pada evaluasi score card program sarjana dan penjabaran nilai selama masa studi program pascasarjana,” kata Amelita saat pengumuman, Minggu, 27 Oktober 2024.

Pengunjung bisa mendapatkan informasi detail mengenai lokasi kampus, biaya kuliah dan beasiswa dari pemerintah Indonesia dan UI. Keikutsertaan UI dalam pameran ini menunjukkan komitmen UI dalam mendukung internasionalisasi pendidikan dan mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Timor-Leste melalui bidang pendidikan tinggi.

“Kami berharap pengunjung yang ingin melanjutkan studi di UI mendapatkan informasi yang akurat dan langsung dari sumbernya yaitu UI,” ujarnya.

Kehadiran UI pada pameran ini diharapkan dapat memperluas akses informasi bagi calon mahasiswa dan orang tua, baik secara langsung maupun melalui platform online. Sejalan dengan komitmen UI terhadap keberlanjutan, partisipasi dalam pameran ini juga mendorong upaya mengurangi penggunaan brosur cetak.

“UI mengarahkan pengunjung untuk mengakses informasi melalui halaman resmi di website penerimaan Universitas Indonesia,” ujarnya.

Duta Besar RI untuk Timor Timur Okto Dorinus Manik dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Timor Timur Ikhfan Haris turut hadir dalam stand UI dan menyatakan kepuasannya atas partisipasi UI.

“Kami sangat senang UI berlokasi di Dili, karena siswa-siswi SMA di sini sangat tertarik untuk belajar di Indonesia, khususnya di UI,” kata Okto.

Sonia Veritas Deus dari SMA ESG Kay Rala Timor Leste, salah satu siswa peserta mengungkapkan emosinya usai menerima kabar tersebut di stand UI.

“Setelah mengunjungi booth UI, saya semakin bersemangat memilih UI sebagai sekolah tempat saya bisa mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang dokter. Informasi yang diberikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya,” kata Sonia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *