Ngeri.. Ini 3 Kapal Perang Rusia yang Bakal Muncul di Laut RI, Salah Satunya Siluman

Titik Kumpul – Masyarakat Indonesia, khususnya yang beraktivitas di perairan alias laut, tak heran jika tiga kapal perang milik Angkatan Darat Rusia (Angkatan Laut Rusia) muncul di hadapan Anda dalam beberapa hari mendatang.

Sehingga ketiga kapal perang Rusia tersebut akan muncul di perairan Indonesia untuk mengikuti latihan bersama bertajuk Orruda 2024 bersama TNI Angkatan Laut.

Menurut TNI Angkatan Laut, latihan yang digelar pada 4 hingga 8 November 2024 ini merupakan tonggak sejarah baru. Sebab, TNI AL baru pertama kali berlatih bersama TNI AL Rusia.

Dalam latihan ke depan, Rusia akan mendatangkan tiga kapal perang andalannya yang diimpor dari Armada Pasifik.

Ketiga kapal perang tersebut merupakan kapal perang kecil kelas Steregushchiy. Hanya saja kapal perang tentara Rusia memiliki kemampuan tempur yang sungguh luar biasa.

Ketiga kapal perang Rusia tersebut adalah RFS Sovershennyy (333), RFS Gromkiy (335) dan RFS Aldar Tsydenzhapov (339). Tolong ingatkan saya nomor lambung ketiga kapal tersebut agar Anda tahu nomor ini akan muncul.

Kapal perang Rusia ini bukan timah, karena di tubuhnya terdapat berbagai jenis senjata berbahaya yang mampu menghancurkan musuh dari laut, darat, dan udara.

Misalnya RFS Sovershennyy (333), di kapal perang besutan Komsomolsk Shipyard ini terdapat peluru kendali alias rudal antikapal subsonik turbojet 8×3M24 Uran.

Sedangkan menurut informasi yang diperoleh Titik Kumpul Military, RFS Gromkiy (335) lebih dikenal dengan sebutan stealth karena banyak terdapat teknologi stealth di kapal ini. Serta dilengkapi dengan SS-N-27, rudal anti kapal yang juga dapat diluncurkan dari kapal selam dengan daya hancur hingga 300 kilometer.

Kapal siluman ini juga dilengkapi dengan 12 sel Redut VLS yang berisi rudal permukaan ke udara jenis SAM 9M96E yang terhubung dengan sistem pertahanan udara S-400.

Sedangkan di kapal perang RFS Aldar Tsydenzhapov (339). Rusia telah mengerahkan Zvezda Kh-35U, rudal anti-kapal turbojet subsonik yang juga dapat diluncurkan dari helikopter.

Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut ingin mengerahkan satu lagi fregat kelas Martadinata dalam latihan tersebut, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332. Dan korvet kelas sigma yaitu KRI Frans Kaisiepo-368.

Baca: Ban Pesawat Tiba-tiba Pecah di Pegunungan Sarang OPM, Pasukan Beruang Petir TNI Siaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *