7 Tanda Ini Tunjukkan Jantung Anda Bekerja dengan Baik dan Optimal

VIVA Lifestyle – Jantung memegang peranan paling penting dalam menjaga fungsi tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan sinyal halus yang diberikan hati ketika ada sesuatu yang tidak beres.

Dari detak jantung yang cepat hingga keringat berlebih, ada banyak tanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah. Di sisi lain, beberapa tanda mungkin menunjukkan bahwa organ penting ini berfungsi dengan baik. Apa saja tanda-tandanya? Terus gulir untuk mengetahui lebih lanjut.

Berikut beberapa tanda jantung Anda masih berfungsi dengan baik, dilansir HealthSite pada Senin, 18 Maret 2024.

Denyut jantung tetap tidak berubah bahkan saat istirahat. Berapakah detak jantung yang normal bahkan saat istirahat? Menurut para ahli, detak jantung seseorang saat istirahat harus antara 60 dan 100 detak per menit. Jika tetap pada angka ini secara konsisten, ini bisa menjadi tanda penting kesehatan jantung.

Tidak ada gangguan pernapasan Jika Anda tidak kesulitan bernapas atau bernapas mudah, berarti jantung Anda bekerja dengan baik. Namun, hal ini juga harus dirasakan saat melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan kaki atau jogging lambat. Karena itu tandanya jantung sehat.

Tingkat energi yang baik Merasa berenergi dan siap adalah tanda jelas dari jantung yang sehat. Jantung yang sehat dapat menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk otot dan organ. Ini membantu menyediakan tubuh dengan bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfungsi secara optimal.

Pemulihan cepat setelah berolahraga Jika Anda memiliki jantung yang sehat, Anda memiliki kemampuan untuk pulih dengan cepat setelah berolahraga apa pun. Ketika jantung Anda sehat, jantung Anda akan mengalirkan oksigen lebih cepat dan menghilangkan asam laktat, produk sampingan dari olahraga yang menyebabkan kelelahan, sehingga memungkinkan Anda pulih lebih cepat. Jika Anda pulih dengan cepat setelah berolahraga, Anda memiliki jantung yang sehat.

Menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap normal Menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap normal sangat penting untuk kesehatan jantung. Untuk orang dewasa, tekanan darah normalnya harus di bawah 120/80 mmHg. Hal ini menandakan darah mengalir lebih lancar di arteri sehingga mengurangi beban jantung.

Begitu pula dengan kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL (jahat) yang rendah dan kolesterol HDL (baik) yang tinggi juga penting karena mencegah penumpukan plak di arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung. Artinya jika tekanan darah dan kolesterol Anda terkendali, maka jantung Anda sehat.

Denyut nadi yang kuat dan stabil, biasanya antara 60 dan 100 denyut per menit, menunjukkan adanya aliran darah yang efisien ke seluruh bagian tubuh dan jantung Anda bekerja dengan baik. Di sisi lain, denyut nadi yang lemah atau tidak teratur mungkin mengindikasikan adanya masalah yang memerlukan perhatian medis.

Tidak ada nyeri atau ketidaknyamanan di dada Jika Anda tidak merasakan nyeri atau ketidaknyamanan apa pun di dada, itu adalah sinyal bahwa jantung Anda bekerja dengan baik. Ya, tidak adanya nyeri atau sesak di dada merupakan pertanda baik jantung sehat. Ketidaknyamanan dada yang terus-menerus atau berulang harus segera dievaluasi oleh ahli kesehatan, karena ini mungkin merupakan tanda penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *