Mengenal Sosok Enzo Allie, TNI Ganteng yang Ternyata Miliki Darah Prancis

Jakarta – Pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat khususnya anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bernama Enzo Ali.

Letnan Dua (Letda) TNI ini kini tengah bertugas sebagai prajurit infanteri setelah lulus Akademi Militer (Akmil) pada Juli 2023. Enzo diketahui akan segera memulai pelatihan komando.

Informasi tersebut baru saja diungkap oleh pemilik akun TikTok @aingnihh. Menurut penjelasannya, Enzo harus memulai latihan komando pada Maret 2024. Ini wajah Enzo Ali.

Siti Hadiati Nahria, ibu Enzo, pernah mengatakan bahwa menjadi taruna di Akademi Militer adalah cita-citanya sejak kecil. Ia pun senang putranya berhasil lolos seleksi.

Enzo adalah keturunan Perancis dan kehilangan ayahnya, Jean Paul Francois Allie, karena serangan jantung di Perancis. Peristiwa tersebut menyebabkan Enzo dan ibunya kembali ke Indonesia sebagai anak yatim piatu.

Setelah menetap di Indonesia sejak tahun 2014, Enzo melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Al Bayan yang berlokasi di Anyer, Serang, Banten. Menurut Pengurus Pondok Pesantren Al Bayan Deden Ramdani, sejak kecil Enzo bercita-cita menjadi prajurit TNI yang shalih. Ketika guru kimianya mendengar pengakuan itu, dia terharu.

Kemampuan Enzo dalam menguasai empat bahasa menjadi salah satu faktor keberhasilannya lulus AKMIL. Ia dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Inggris, Perancis dan Arab.

Dalam tes tersebut, Samapta Enzo menunjukkan prestasi yang sangat mengesankan. Ia berhasil melakukan 19 pull-up, 50 sit-up, dan 50 push-up, semuanya dalam waktu 60 detik.

Tak hanya itu, Enzo juga menunjukkan kepiawaian berlarinya dengan menempuh jarak 7,5 putaran 400 meter atau mencapai jarak 3000 meter dalam waktu 12 menit. Ia juga mampu menyelesaikan renang sejauh 50 meter dalam waktu 60 detik.

Berdasarkan laporan akun Instagram @perhumas_akademi_Military, Enzo memberikan jawaban tenang dalam bahasa Prancis saat diwawancara Radio Tidar. Saat ini ia merupakan taruna peringkat 3 dengan pangkat taruna senior di Akademi Militer.

Enzo yang berasal dari Cilegon, Banten, juga menjabat sebagai Komandan Kadet Kelas Satu AKMIL. “Saya kapten taruna angkatan satu,” kata Enzo pada 18 Juni 2022. Berapa pangkat Enzo saat ini?

Setelah dilantiknya Enzo Ali, ia resmi diangkat menjadi letnan dua atau yang sering disebut letnan satu. Kepulangannya dari Akademi Militer TNI memicu minat masyarakat untuk mengetahui lebih jauh latar belakangnya.

Selama di Akademi Militer, Enzo mengikuti pelatihan dasar di Divisi Korps Transportasi (Sarcab). Namun setelah menjabat, Enzo bergabung dengan korps infanteri dan kini menjabat sebagai letnan infanteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *