Cara Pertamina Rangkul Pecinta Balap Jalanan Melalui Drag Fest 2024

VIVA – Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penggemar balap motor jalanan terbanyak, sama seperti Thailand. Namun sayangnya tidak semua balapan diselenggarakan secara resmi, ada pula yang ilegal di jalan raya.

Untuk merangkul pecinta balap motor di jalan lurus, Kepolisian Republik Indonesia memberikan wadah dengan mengadakan event drag bike serta apa yang akan dilakukan Pertamina Patra Nyaga.

Tahun ini, perusahaan minyak pelat merah itu mulai menjangkau langsung para pecinta balap melalui ajang Pertamax Turbo Drag Fest 2024 yang digelar dalam tiga seri di dua lokasi berbeda.

Ajang balap motor yang memperlombakan jarak 201 meter dan 402 meter ini awalnya akan digelar pada 13-14 Juli di Bandara Sekangkal, Bogor, Jawa Barat.

Dilanjutkan pada 27-28 Juli 2024 di Lanud Viriyadinata, Tsikmakalaya, dan putaran ketiga lagi di Lanud Cicangkal, pada 17-18 Agustus.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Nyaga, Harsono Budi Santoso mengatakan, balapan tersebut merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung perkembangan motorsport di Indonesia.

Pertamax Turbo Dragfest merupakan rangkaian dari Grand Prix Pertamina Indonesia 2024 pada bulan September, serta Pertamax Turbo WRT di FIA World Endurance Championship yang sedang berlangsung.

Namun, menurutnya, lari di jalan lurus menjadi inti dari rangkaian balapan tahun ini. Tidak hanya mesinnya saja, mobilnya pun terbagi menjadi dua kategori di 10 kelas berbeda.

Kategori yang dimaksud peserta dibedakan antara umum dan unggulan yang meliputi pembalap profesional atau pemenang berdasarkan catatan IMI (Ikatan Sepeda Motor Indonesia).

Namun yang membedakan dengan event drag lainnya adalah peserta hanya diperbolehkan menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo RON 98, sehingga harus dilakukan penyesuaian untuk sepeda motor yang biasa menggunakan avtur atau bensin kompresi tinggi

“Di ajang ini tentunya semua akan menggunakan Pertamax Turbo dan produk ramah lingkungan kitalah yang memberikan performa terbaik. Jadi tentunya nanti bisa kita cek secepat itu. Nanti bisa dites sendiri. Bisa dirasakan”, Harsono ucapnya dikutip dari keterangan resminya, Senin 24 Juni 2024.

Mengenai hadiah bagi pemenang berupa uang tunai dan paket nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika pada September 2024.

Sean Galile, pebalap Le Mans 24 Jam sekaligus brand Ambassador Pertamax Turbo, optimistis ajang balap langsung ini akan menarik banyak masyarakat, khususnya para pecinta balap.

“Tapi kita berdoa semoga sukses besar dan semua bisa lebih menikmatinya dan tidak hanya menikmatinya, tapi mungkin juga bisa belajar dimana saja event otomotif Indonesia di tingkat internasional seperti yang ada di Pertamina. Selesai, dan apa yang akan dilakukan dengan itu. Pastikan untuk mendukung Pertamina,” kata Sean.

Sekadar informasi Dragfest 2024 selain fokus pada ajang live racing juga menghadirkan berbagai kegiatan seperti kontes artis spesial, musik, belanja, kontes modifikasi, motor freestyle, Perta Max Turbo Simulator, karya artis, dan food truck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *