Kebiasaan Orang Indonesia Banget, Tidur di Lantai Punya Manfaat Luar Biasa!

JAKARTA – Cuaca panas saat ini membuat masyarakat memilih memasang AC di rumahnya dan mereka yang hanya memiliki kipas angin tidur di lantai. Memiliki tempat tidur yang nyaman dan menenangkan di malam hari sangatlah penting karena tubuh sudah merasakan banyak stres di siang hari.

Kebiasaan kuno tidur di lantai tidak akan pernah ketinggalan zaman. Dipercaya bahwa banyak aktivitas juga dilakukan di lantai karena memberikan stabilitas pada tubuh. Ruang tidur juga mempengaruhi kesehatan seseorang dan dianggap sebagai cara yang baik untuk menenangkan tubuh, pikiran dan jiwa.

“Tidur di lantai mendorong membumi dan meningkatkan aliran energi negatif dari tubuh ke bumi. Hal ini meningkatkan kualitas tidur dan mencegah tidur bolak-balik dan tidak teratur di permukaan yang keras,” kata pakar kesehatan Ayurveda, Dimple Jangada, seperti dilansir oleh Catatan Kesehatan, Jumat, 31 Mei 2024.

Meski banyak orang yang enggan tidur di lantai karena takut masuk angin atau masuk angin, ternyata tidur di lantai juga ada manfaatnya. Di bawah ini 5 manfaat tidur di lantai.

1. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan nyeri punggung dan masalah lain seperti penurunan fleksibilitas, ketidaksejajaran tulang belakang, dan peningkatan risiko cedera.

“Ini memperbaiki postur tubuh dengan menyelaraskan tulang belakang saat tidur di permukaan yang keras. Tidur di lantai mencegah tulang belakang tenggelam terlalu dalam ke kasur empuk,” kata Ayurveda.

2. Mengurangi sakit pinggang

Tidur di lantai memang bisa memberikan efek positif pada punggung, namun belum ada bukti ilmiah yang menyatakan kekencangan lantai secara spesifik bisa meredakan nyeri punggung. Namun jika kasur terlalu empuk dapat menyebabkan tulang belakang melengkung yang pada akhirnya dapat menyebabkan nyeri punggung.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk tidur di lantai, pertimbangkan untuk berlatih yoga tidur untuk bersantai dan bersiap untuk tidur nyenyak. Bagi yang belum terbiasa, tidur di lantai justru menimbulkan rasa sakit karena tubuh beradaptasi dengan permukaan yang datar dan keras.

3. Mencegah panas berlebih dan membuat Anda tetap sejuk

Bahan kasur dapat menahan panas tubuh saat tidur sehingga membuat permukaan menjadi lebih hangat dan meningkatkan sensasi hot flashes. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan masalah tidur. Namun saat tidur di lantai, tidak ada bahan yang mampu menahan panas tubuh. Ini melindungi tubuh dari panas berlebih dan meningkatkan relaksasi dan kesejukan sepanjang siklus tidur.

4. Mengurangi rasa sakit pada titik-titik tekanan

Tidur di permukaan yang keras membantu mendistribusikan berat badan dan mengurangi pembentukan titik-titik tekanan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, tidur di lantai adalah obat yang bagus untuk sakit punggung dan linu panggul.

5. Dapat mengobati susah tidur

Salah satu penyebab utama insomnia adalah permukaan tempat tidur yang tidak sesuai. Jika kasur membuat sulit tidur, tidur di lantai mungkin merupakan pilihan terbaik. Anda mungkin merasa sedikit pegal pada awalnya, tetapi seiring tubuh Anda terbiasa, tubuh Anda akan terasa nyaman kembali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *