FIKOM UP Mengadakan International Sustainable Film Festival 2024

JAKARTA – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (Fikom UP) menjadi tuan rumah International Sustainable Film Festival (ISFF) 2024.

Dekan Fikom UP Anna Agustina mengatakan, terdapat 39 film bertema Sustainable Development Goals (SDG’s) yang mengikuti kompetisi tersebut. Ulasannya dibagi menjadi tiga kategori.

“Kami ada tiga kelompok, yaitu kelompok pelajar, sekolah negeri/fiksi, dan sekolah/sekolah sastra,” ujarnya, Senin (10/6/2024).

Juri kompetisi ini antara lain produser dan sutradara Monty Tiwa, aktor Ricky Wattimena, serta pakar media dan UP Fakultas Ilmu Politik Joko Utomo Hadibroto.

“Ada tiga pemenang di setiap kategori yang dipilih oleh tiga juri,” ujarnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan diskusi mengenai situasi terkini di Indonesia. Asisten yang diberikan adalah sutradara dan penulis Riri Riza.

“Karena banyak sineas nasional dan internasional yang telah menerima penghargaan, Riri Riza berbagi pengalamannya dalam pembuatan film dan pemikirannya tentang keberlanjutan,” imbuhnya.

Anna mengatakan proyek ini ingin mengajak generasi muda untuk lebih memahami makna keberlanjutan melalui pemanfaatan video.

“Melalui proyek ini, kami berharap masyarakat khususnya generasi muda, pelajar dan mahasiswa dapat memahami pentingnya berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari” kata Anna.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Acara, Sofia Primalisanti, mengatakan bahwa saat ini topik keberlanjutan menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia, dan Film Naga dapat menjadi alat yang berguna untuk menyajikan konten yang solid.

“Anak muda bisa dengan mudah memahami masalah keamanan melalui seni video, sehingga penting untuk menerjemahkan konsep keamanan ke dalam suara dan visual. Pastikan bisa dilihat oleh sebanyak mungkin orang,” ujarnya.

Tema ‘Kebangkitan Pemuda Kita’ dipilih untuk mendorong generasi muda bergerak dan mengambil tindakan untuk menjaga lingkungan. Selain diskusi film dan acara penghargaan, acara tersebut juga dimeriahkan dengan hiburan pertunjukan musik dan stand up comedy oleh mahasiswa dan alumni Fikom UP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *