Hari Tiroid Sedunia 2024, Pentingnya Kesadaran Diri Tentang Gangguan Kesehatan Ini

VIVA Lifestyle – Pada hari Sabtu, 25 Mei 2024, dunia akan merayakan Hari Throid Sedunia yang diperingati setahun sekali.  Hari Tiroid Sedunia didedikasikan bagi mereka yang menderita penyakit tiroid dan ingin melawannya.

Selain itu, hari ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang penyakit tiroid dan pentingnya kesehatan tiroid.  Gangguan tiroid seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif) dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif) dapat berdampak serius pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Setiap tahun, Hari Tiroid Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hormon tiroid dan mendorong masyarakat untuk mendidik diri mereka sendiri tentang kondisi dan penyakit tiroid. 

Penyakit tiroid adalah kelainan endokrin yang sangat umum di seluruh dunia. Penyakit tiroid dapat dicegah dengan pola makan dan gaya hidup tertentu. Ashutosh Goyal, Konsultan Endokrinologi, Paras Health Gurugram berbagi beberapa tips dalam wawancara dengan HT Lifestyle.

Cara alami untuk menjaga kesehatan tiroid Anda

Berikut cara alami menjaga kesehatan kelenjar tiroid oleh Dr Ashutosh Goyal, Mr Konsultan Endokrinologi, Paras Health Gurugram.

Makan makanan yang seimbang 

Penting untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan yang bervariasi. Sertakan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mendapatkan vitamin dan mineral penting. Sumber protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan membantu membangun produksi hormon. Asam lemak omega-3 pada ikan berlemak seperti salmon dan tuna dapat mengurangi peradangan dan mendukung fungsi tiroid.

Pertahankan kadar selenium yang baik 

Selenium adalah mineral penting untuk produksi hormon tiroid. Sertakan kacang Brazil dan biji bunga matahari, makanan laut, buah-buahan, dan biji-bijian.

Sering berpindah-pindah 

Olahraga adalah alat yang ampuh untuk kesehatan secara keseluruhan dan kelenjar tiroid. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu, seperti jalan cepat, berenang, bersepeda, atau menari. Olahraga membantu mengatur metabolisme dan bermanfaat bagi penderita hipertiroidisme dan hipotiroidisme.

Kelola stres 

Stres kronis dapat berdampak negatif pada hormon Anda, termasuk fungsi tiroid. Penting untuk menerapkan teknik manajemen stres seperti yoga, latihan mindfulness, meditasi, atau latihan pernapasan dalam.

Tidur berkualitas 

Tidur yang baik penting untuk persiapan dan pelepasan hormon tiroid. Hormon-hormon ini berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan. Untuk menjaga fungsi tiroid tetap optimal, penting untuk memastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas tinggi tanpa gangguan selama 6-8 jam setiap malam.

Sorotan lain dari Hari Selancar Sedunia

Berikut adalah beberapa hal penting dari Hari Tiroid Sedunia yang tidak boleh dilewatkan: Kampanye kesadaran: Misi hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit tiroid, mempromosikan deteksi dini, dan mempelajari tentang pengobatan dan pengelolaan penyakit tiroid. Gejala penyakit tiroid: Ada banyak gejala penyakit tiroid yang berbeda dan tidak spesifik, seperti kelelahan, penurunan atau penambahan berat badan, perubahan pernapasan, dan masalah kulit atau rambut. Hal ini penting untuk dianalisis sejak dini. Pentingnya kelenjar tiroid: Kelenjar tiroid adalah organ kecil berbentuk tidak beraturan yang terletak di leher yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon yang mengontrol metabolisme, energi, dan banyak fungsi penting lainnya dalam tubuh. Edukasi: Melalui program dan acara Hari Tiroid Sedunia, organisasi kesehatan berupaya memberikan informasi yang diperlukan kepada masyarakat untuk memahami gejala penyakit tiroid dan pentingnya pemeriksaan rutin. Dukungan untuk pasien: Hari Tiroid Sedunia juga mendukung penderita penyakit tiroid melalui sumber daya, kelompok dukungan, dan informasi tentang pengobatan yang tepat.

Dengan kesadaran dan pemahaman yang lebih besar akan pentingnya kesehatan pasien, kami berharap semakin banyak orang yang menerima pengobatan tepat waktu dan efektif, sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *