4 Alasan Chia Seed Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan, Intip Resepnya!

VIVA – Biji chia sudah lama dikenal sebagai makanan super yang ampuh menurunkan berat badan. Kaya nutrisi, chia seed punya cara unik mengendalikan nafsu makan.

Tak heran jika chia seed menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin mencapai berat badan ideal. Scroll untuk mengetahui lebih lanjut, yuk!

Menurut Times of India, meminum segelas air yang direndam dalam biji chia di pagi hari bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini juga membantu mengurangi nafsu makan dan penurunan berat badan.

Tetap kenyang lebih lama dapat mengurangi kalori yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan, termasuk lemak perut. Artinya, chia seed tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tapi juga membantu meratakan dan melangsingkan perut 

1. Kandungan serat yang tinggi

Biji chia kaya akan serat larut. Serat ini penting karena membantu mengendalikan nafsu makan dengan membuat Anda kenyang lebih lama. Biji chia yang direndam dalam air akan membentuk lapisan gel yang memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. 

Ini membantu menstabilkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan rasa lapar tiba-tiba.

2.Omega-3

Biji chia adalah salah satu sumber tanaman terbaik untuk asam lemak sehat seperti omega-3, asam alfa-linolenat (ALA). Omega-3 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung, mengurangi peradangan pada tubuh dan mendukung fungsi otak yang baik. 

Meskipun kontribusi biji chia kecil dalam satu porsi, setiap tambahan omega-3 dalam makanan memberikan manfaat tambahan.

3. Kandungan nutrisi

Selain serat dan omega-3, chia seed juga kaya akan nutrisi penting lainnya. Ini termasuk protein, kalsium, fosfor, magnesium dan banyak vitamin. Meski porsi air biji chia kecil, nutrisi tambahan ini mendukung kesehatan secara keseluruhan dan membantu memenuhi kebutuhan harian Anda.

4. Ganti jajanan yang tidak sehat

Air rendaman biji chia ini merupakan alternatif sehat untuk camilan atau minuman manis yang tidak sehat. Mengganti minuman berkalori tinggi atau camilan manis dengan minuman tersebut dapat membantu mengurangi asupan kalori harian Anda, terutama jika Anda memilih untuk memasukkan minuman tersebut ke dalam menu makanan Anda.

Resep dari biji chia

Bahan: – 2 sendok makan biji chia – 250 ml air (atau lebih, tergantung kekentalan)

Panggung

1. Campurkan biji chia dengan air dalam gelas atau mangkuk kecil.

2. Aduk rata dengan sendok atau mixer kecil agar chia seed merata di dalam air.

3. Didihkan campuran selama 10-15 menit sambil diaduk sesekali. Biji chia mulai menyerap air dan membentuk lapisan agar-agar di sekitar biji.

4. Setelah chia seed mengembang dan membentuk tekstur gel yang kental, minuman siap diminum. 

Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *