Mobil Listrik BYD Jadi yang Terlaris, Hyundai dan Wuling Kemana?

VIVA – BYD sebagai pendatang baru akhirnya mempublikasikan data penjualannya di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo. Oleh karena itu, pada periode Juni-Juli 2024, BYD Seal menjadi mobil listrik terlaris.

BYD Seal ditawarkan dalam dua versi yakni Premium Rp 629 juta dan Performance (AWD) Rp 719 juta. Dari segi harga, stun gun yang didatangkan utuh dari China ini bersaing ketat dengan Hyundai Ioniq 5 buatan Tanah Air.

Namun dari segi spesifikasi baterai atau tenaga, Seal lebih baik karena lebih cocok dibandingkan Ioniq 6 yang didatangkan dari Korea dengan harga lebih mahal dari Seal yakni Rp 1 miliar.

Dengan kondisi seperti ini, mobil listrik termahal BYD berpotensi melemahkan masyarakat Indonesia. Hal itu terlihat dari data penjualan pabrik diler selama dua bulan terakhir yang mencapai 1.989 unit.

Lebih baik dibandingkan Ioniq 6 yang hanya terjual 14 unit, dan Ioniq 5 pada periode yang sama hanya terjual 296 unit. Lalu bagaimana dengan mobil listrik yang ditawarkan Wuling Motors?

Mengingat periode yang sama, di antara ketiga model yang dirilis Wuling, Cloud EV menjadi kendaraan listrik terlaris ketiga setelah Atto 3 dalam periode dua bulan yang sama. Penjualan kendaraan listrik terbaru Wuling sebanyak 1.048 unit.

Kemudian menyusul mobil listrik lain dari berbagai merek. Bicara spesifikasi, Seal yang merupakan green car terlaris ini ditawarkan dalam dua varian dengan kapasitas baterai sama, namun tenaga berbeda. Kedua model BYD Seal dibekali baterai lithium ferrophosphate atau LFP berkapasitas 82,56 kWh. Meski kapasitas baterainya sama, namun menurut pengujian NEDC (New European Driving Cycle), jarak keduanya berbeda. Untuk tipe Premium yang hanya berpenggerak roda belakang, jangkauannya lebih jauh, terutama 650 km, berbeda dengan Performance yang lebih bertenaga dan berpenggerak empat roda, makanya lebih buruk lagi, jadi jangkauannya 580 km. Sedangkan tenaga maksimal dinamo listrik tipe Premium hanya 230 kW atau setara 308 HP, dan torsi maksimal 360 Nm dengan penggerak roda belakang. Untuk berakselerasi hingga 100 kilometer per jam waktunya 5,9 detik.

Lalu, tipe Performance lebih bertenaga karena memiliki penggerak empat roda yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 390 kW atau 523 HP dan torsi 670 Nm, serta hanya membutuhkan waktu 3,8 detik untuk berakselerasi hingga 100 kilometer per jam.

Berikut daftar 10 besar kendaraan listrik terlaris Juni-Juli 2024: BYD Seal: 1.989 unit BYD Atto 3: 1.194 unit Wuling Cloud EV: 1.048 unit Chery Omoda E5: 990 unit MG 4 EV: 6D Dolphin : 298 unit Hyundai Ioniq 5: 296 unit Wuling Air EV: 376 unit Hyundai Kona Electric 248 unit Wuling BinguoEV: 201 unit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *