Panglima TNI Ganti Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura

Jakarta, VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali berbalik dan melakukan mutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. 

Tak tanggung-tanggung, Panglima TNI kali ini meluluskan 130 Perwira Tinggi (Pati) TNI dari tiga pangkat yang terdiri dari 68 TNI AD Pati, 39 TNI AL Pati, dan 23 TNI AU Pati.

Di antara 130 Pati TNI yang ditangkap, terdapat 2 Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) yang diganti. Adalah Pangdam III/Siliwangi dan Pangdam XVI/Pattimura.

Pangdam Siliwangi yang semula dijabat oleh Mayjen TNI (Majjen) Mohammad Fadjar, kini dijabat oleh Mayjen TNI Dadang Arif Abdurachman yang sebelumnya menjabat sebagai Pangko TNI. 

Sementara itu, Mayjen TNI Mohammad Fajar dipercaya Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto untuk menduduki jabatan barunya sebagai Dankodiklat TNI.

Sedangkan Pangdam XVI Pattimura yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Syafrial kini digantikan oleh Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo yang sebelumnya menjabat Danpussenarmed. Sementara itu, Mayjen TNI Syafrial kini telah pensiun dari kesatuan Kostrad untuk menduduki jabatan baru sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad).

Penangkapan dan pemindahan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024 tanggal 11 September 2024 tentang pemberhentian dan penempatan jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, kata Kepala Penerangan Masyarakat. Tentara Nasional TNI Mayjen TNI Hariyanto, dalam keterangan resminya, Kamis, 12 September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *