Kopi Vs Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif Bantu Menurunkan Berat Badan?

Jakarta, VIVA – Minuman berkafein seperti kopi dan teh hijau kerap dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Keduanya memiliki manfaat masing-masing yaitu membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Namun, mana yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan? Scroll untuk mengetahui lebih lanjut, yuk!

Menurut Times of India, kopi terkenal dengan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin dan memberi sinyal pada sel lemak untuk memecah lemak agar dapat dibakar sebagai energi.   

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 29 persen pada orang dengan berat badan normal, meski efek ini hanya sekitar 10 persen pada mereka yang kelebihan berat badan.

Di sisi lain, teh hijau sangat rendah kalori dan diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan antioksidan pada teh hijau, terutama katekin, membantu mempercepat proses pembakaran lemak sehingga lebih efektif dalam menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin. 

Namun, mana yang lebih baik antara kopi dan teh hijau?

Jika Anda fokus menurunkan berat badan, teh hijau mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Teh hijau hampir tidak mengandung kalori dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak dengan lebih efisien. 

Di saat yang sama, kopi juga meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Namun pengaruhnya terhadap penurunan berat badan tidak sekuat teh hijau.

Anjuran diet sambil minum kopi dan teh hijau

Jika Anda berencana menurunkan berat badan dengan rutin meminum kopi atau teh hijau, berikut beberapa tips memaksimalkan pembakaran lemak:

1. Minumlah pada waktu yang tepat

Untuk hasil yang maksimal, minumlah teh hijau atau kopi di pagi hari. Kafein dapat memberikan energi ekstra untuk berolahraga sehingga mendukung pembakaran lemak.

2. Batasi konsumsi gula dan susu

Hindari menambahkan terlalu banyak gula atau susu ke dalam minuman, karena dapat menambah kalori yang tidak perlu. Lebih baik minum kopi dan teh hijau tanpa tambahan pemanis.

3. Makan makanan yang sehat dan rutin berolahraga

Meskipun kopi dan teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta berolahraga secara teratur. Minuman ini hanya sekedar penunjang, sedangkan gaya hidup aktif dan pola makan sehat tetap menjadi kunci utama penurunan berat badan.

4. Jangan berlebihan

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan tidur atau gangguan pencernaan. Minumlah secukupnya untuk mendapatkan manfaatnya tanpa risiko tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *